WNI di Natuna akan Segera Dikembalikan ke Keluarganya 

- Senin, 10 Februari 2020 | 20:34 WIB
WNI di Natuna akan segera dipulangkan usai jalani observasi kesehatan (ANTARA FOTO / M Risyal Hidayat)
WNI di Natuna akan segera dipulangkan usai jalani observasi kesehatan (ANTARA FOTO / M Risyal Hidayat)

Kurang dari seminggu lagi observasi kesehatan terhadap para WNI yang tengah berada di Natuna akan selesai. Saat ini pemerintah tengah mempersiapkan skenario selanjutnya setelah observasi. Rencananya para WNI tersebut akan dikembalikan ke keluarganya.

Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr Achmad Yurianto mengatakan, pemerintah mulai hari ini sudah mulai berkoordinasi untuk menyiapkan kepulangan para WNI. Ada beberapa opsi yang telah disiapkan. Salah satunya adalah memfasilitasi para WNI untuk ke Jakarta dan kemudian kembali ke keluarganya.

"Mereka tidak akan kami akhiri misinya di Natuna. Sebab seperti yang kita tahu dari dan ke Natuna aksesnya sangat terbatas. Akan kami jadwalkan untuk antar mereka ke Jakarta," ujar Yurianto saat ditemui dalam konferensi pers, Senin (10/2/2020) di Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan.

Dirinya menerangkan, Kemenkes sudah berkoordinasi dengan beberapa kepala daerah. Rencananya saat para WNI diantar ke Jakarta, para kepala daerah akan menjemput. Baru setelah itu mereka dikembalikan ke keluarganya.

"Tapi kami belum tahu dibawa ke Jakarta-nya pas di hari keempat belas atau setelahnya. Baru mau dirapatkan karena menyangkut TNI, Kemenkes, Pemda, Kemenlu, dan Kemendagri. Rapatnya ada di Kemenko PMK," ujar Yurianto.

Menyangkut skenario pemulangan ke Wuhan, Tiongkok, Yurianto mengaku pemerintah belum menyiapkan skenario.

"Sekarang 'kan Wuhan-nya aja masih ditutup. Jadi belum ada rencana," pungkas Yurianto.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X