Jokowi Diingatkan Tak Pilih Dewan Pengawas KPK dari Kalangan Partai
Presiden Jokowi diminta tidak memilih dewan pengawas KPK dari kalangan partai (Antara/Wahyu Putro A).
News

Jokowi Diingatkan Tak Pilih Dewan Pengawas KPK dari Kalangan Partai

Senin, 16 Desember 2019 14:48 WIB 16 Desember 2019, 14:48 WIB

INDOZONE.ID - Sekretaris Fraksi Partai Nasdem, Saan Mustopa, mengingatkan Presiden Joko Widodo untuk tidak memilih dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari kalangan partai.

Saan menilai dewan pengawas KPK harus orang independen. Dia pun menolak agar tak ada orang partisan di dalamnya.

"Dewas (dewan pengawas) jangan orang partisan. Tentu jangan dari kalangan partai. Tentu kita minta Pak Jokowi menghindari mengangkat dewas dari orang-orang yang punya afiliasi atau partisan," kata Saan, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (16/12).

Saan menganggap mantan komisioner KPK, kalangan akademisi, hingga praktisi bisa dipertimbangkan untuk mengemban jabatan tersebut.

"Harus dicari orang-orang yang independen. Siapa nama-namanya kan banyak juga. Apakah mereka yang pernah di KPK, atau akademisi, atau tokoh masyarakat. Akan tetapi, yang punya komitmen terhadap pemberantasan korupsi," tegas Saan.

Wakil Ketua Komisi II DPR itu mengatakan, penunjukkan dewan pengawas KPK merupakan hak prerogatif Jokowi. Nasdem pun enggan mengusulkan nama-nama yang layak maju mengisi posisi tersebut.

"Tentu soal dewas itu kewenangannya Jokowi, kita serahkan ke jokowi mencari dewas KPK, pertama dari sisi integritas itu jadi penting, kredibilitasnya dan punya trek rekor di pemberantasan korupsi dan punya komitmen di pemberantasan korupsi," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Fauzi
Ivanrida
Mula Akmal
Fauzi

Fauzi

Editor
Ivanrida

Ivanrida

Writer
Mula Akmal

Mula Akmal

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU