PDIP Amini Pernyataan SBY Soal Pemilu 2019 Terburuk

- Kamis, 12 Desember 2019 | 16:28 WIB
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah. (Humas MPR)
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah. (Humas MPR)

Wakil Ketua MPR dari Fraksi PDIP Ahmad Basarah, amini pernyataan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono yang mengatakan Pemilu 2019 terburuk dalam sejarah karena politik identitas yang berlebihan, sampai jatuh korban.

"Yang mana residu itu menyangkut maraknya politik identitas yang digunakan oleh berbagai pihak di dalam kontestasi pemilu kemarin. Saya kira pandangan Pak SBY dalam konteksnya kalo kita kaitkan dengan realitas yang terjadi sepanjang pemilu presiden kemarin," ucapnya, Kamis (12/12) di Gedung DPR Jakarta.

Dia sepakat Pemilu harus dievaluasi pelaksanaannya. Tetapi, terkait sistem pemerintahan tetap dilaksanakan secara langsung untuk memperkuat sistem presidensial.

"Hanya saja bagaimana esensi kedaulatan rakyat itu tidak ditumpangi oleh berbagai pihak untuk merusak prinsip-prinsip berbangsa dan bernegara kita. Saya kira ini bahan refleksi bagi kita semua," jelasnya.

Menurutnya, demokrasi harus dipandang sebagai satu pembangunan peradaban bangsa dan demokrasi harus dimulai dari cara pikir, cara pandang dan sikap. Artinya, sambung Basarah, jangan kemudian kontestasi demokrasi yang dipandang sebagai momentum Pilpres dan Pileg sebagai sesuatu hidup dan mati seseorang atau satu kelompok.

"Karena itu, kaderisasi di dalam parpol itu penting agar setiap pelaku demokrasi peserta pemilu memahami bahwa pemilu adalah sekadar sarana dalam tujuan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Perlu juga menyadari bahwa lawan-lawan di dalam pemilu adalah sekadar mitra demokrasi, lawan berdebat adalah mitra berfikir jangan kita anggap sebagai sesuatu peperangan sehingga membunuh satu sama lain apalagi dengan eksploitasi politik identitas yang mengedepan proses pemilu kemarin.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X