PDIP Amini Pernyataan SBY Soal Pemilu 2019 Terburuk
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah. (Humas MPR)
News

PDIP Amini Pernyataan SBY Soal Pemilu 2019 Terburuk

Hentikan kampanye pakai isu sara.

Kamis, 12 Desember 2019 16:28 WIB 12 Desember 2019, 16:28 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Ketua MPR dari Fraksi PDIP Ahmad Basarah, amini pernyataan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono yang mengatakan Pemilu 2019 terburuk dalam sejarah karena politik identitas yang berlebihan, sampai jatuh korban.

"Yang mana residu itu menyangkut maraknya politik identitas yang digunakan oleh berbagai pihak di dalam kontestasi pemilu kemarin. Saya kira pandangan Pak SBY dalam konteksnya kalo kita kaitkan dengan realitas yang terjadi sepanjang pemilu presiden kemarin," ucapnya, Kamis (12/12) di Gedung DPR Jakarta.

Dia sepakat Pemilu harus dievaluasi pelaksanaannya. Tetapi, terkait sistem pemerintahan tetap dilaksanakan secara langsung untuk memperkuat sistem presidensial.

"Hanya saja bagaimana esensi kedaulatan rakyat itu tidak ditumpangi oleh berbagai pihak untuk merusak prinsip-prinsip berbangsa dan bernegara kita. Saya kira ini bahan refleksi bagi kita semua," jelasnya.

Menurutnya, demokrasi harus dipandang sebagai satu pembangunan peradaban bangsa dan demokrasi harus dimulai dari cara pikir, cara pandang dan sikap. Artinya, sambung Basarah, jangan kemudian kontestasi demokrasi yang dipandang sebagai momentum Pilpres dan Pileg sebagai sesuatu hidup dan mati seseorang atau satu kelompok.

"Karena itu, kaderisasi di dalam parpol itu penting agar setiap pelaku demokrasi peserta pemilu memahami bahwa pemilu adalah sekadar sarana dalam tujuan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Perlu juga menyadari bahwa lawan-lawan di dalam pemilu adalah sekadar mitra demokrasi, lawan berdebat adalah mitra berfikir jangan kita anggap sebagai sesuatu peperangan sehingga membunuh satu sama lain apalagi dengan eksploitasi politik identitas yang mengedepan proses pemilu kemarin.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Alwan
Astrid
Mula Akmal
Alwan

Alwan

Editor
Astrid

Astrid

Writer
Mula Akmal

Mula Akmal

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU