Menkeu: Pemerintah Akan Kaji Ulang Pemberian THR dan Gaji ke-13 PNS
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Photo/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
News

Menkeu: Pemerintah Akan Kaji Ulang Pemberian THR dan Gaji ke-13 PNS

Senin, 06 April 2020 18:01 WIB 06 April 2020, 18:01 WIB

INDOZONE.ID - Terkait pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah sedang mengaji kembali pemberian itu. Menkeu mengatakan bahwa pertimbangan tersebut mengingat saat ini pemerintah sedang melakukan penghematan belanja negara akibat virus corona.

“Presiden meminta kami membuat kajian untuk pembayaran THR dan gaji ke-13 apakah perlu untuk dipertimbangkan lagi mengingat beban belanja negara yang meningkat,” kata Sri Mulyani dalam Raker bersama Komisi XI DPR RI secara daring di Jakarta, Senin (6/4/2020).

Selain itu, Menkeu menyatakan bahwa pertimbangan itu karena penerimaan negara di tahun 2020 diprediksi alami penurunan sebesar 10 persen yaitu Rp1.760,9 triliun atau hanya 78,9% dari target APBN 2020 Rp2.233,2 triliun. Sementara, belanja negara meningkat hingga Rp2.613,8 triliun dari sebelumnya Rp2.504,4 triliun.

“Bapak Presiden dan sidang kabinet masih akan melaksanakan beberapa langkah-langkah seperti tambahan bantuan sosial atau penghematan belanja,” kata Sri Mulyani.

Menkeu juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah berupaya untuk melakukan penghematan belanja sesuai dengan instruksi Presiden.

“Ini masih di dalam proses untuk terus kami melakukan penyempurnaan. Bapak presiden menyampaikan instruksi untuk meningkatkan belanja kesehatan dan bansos serta mendukung dunia usaha,” kata Sri Mulyani.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US