12 Teori Konspirasi Terpopuler di Dunia

- Rabu, 12 Juni 2019 | 17:39 WIB
Pixabay
Pixabay

Teori konspirasi telah menyebar di mana-mana, bahkan sering dikaitkan dengan kehidupan manusia sehari-hari. Di Harvard University pun sampai ada mata kuliah tentang teori konspirasi.

Disebutkan, teori konspirasi adalah suatu teori yang menyatakan kejadian atau gejala timbul karena hasil konspirasi atau persekongkolan antara pihak-pihak berkepentingan dengan maksud dan tujuan tertentu.

Tapi, kebanyakan teori-teori bertahan karena dikuatkan dengan fakta-fakta di lapangan. Walaupun tidak semua fakta itu benar adanya. Kehadiran internet pun membuat orang lebih mudah percaya dengan teori konspirasi.

1. Segitiga Bermuda
Katanya, ada pusaran di sebuah kawasan lautan yang bisa menyedot benda apapun yang lewat di sekitarnya seperti magnet. Hingga, kawasan yang sering disebut segitiga bermuda menjadi momok dan ketakutan tersendiri bagi pilot pesawat dan nahkoda kapal.
-
(Source: Istimewa)
2. Bumi Itu Datar
Teori konspirasi lainnya yang dipercaya adalah teori bumi datar. Masyarakat bumi datar secara tidak resmi didirikan pada abad ke-19 dan dihidupkan lagi pada 2004 oleh Presidennya, Daniel Shenton. Kelompok itu meyakini bahwa cakrawala selalu dapat dilihat dan itu membuktikan bahwa bentuk bumi sebenarnya datar. Mereka juga berpendapat bahwa gravitasi adalah fenomena palsu.

3. Pendaratan Manusia di Bulan
Ada sebagian orang meyakini bahwa manusia belum pernah ke Bulan. Menurut penggemar teori konspirasi, pemberitaan Neil Amstrong, astronot yang disebut pertama kali menginjakkan kaki ke bulan adalah tidak benar. Katanya, tahun 1969, teknologi belum memungkinkan roket untuk bisa menembus atmosfer. Bahkan sampai membawa manusia jalan ke luar angkasa. Menurut teori konspirasi, jejak-jejak kaki di bulan terjadi karena kelembaban.
-
(Source: Istimewa')
4. Pembunuhan John F. Kennedy
Pendukung Uni Soviet bernama Lee Harvey Oswald melepaskan 3 tembakan dari lantai enam gedung Texas School Book Depository setelah sang Presiden melintasi posisinya. Menurut teori konspirasi, ada tembakan keempat berasal dari semak belukar di dekatnya. Banyak pertanyaan belum terjawab terkait peristiwa pembunuhan John F. Kennedy. Tapi ada ribuan buku menyatakan keterlibatan CIA, mata-mata Rusia, Lyndon Johnson, Mafia, KGB, J. Edgar Hoover, Fidel Castro, bahkan Secret Service sendiri.

5. Serangan Teroris 9/11
Para penganut teori konspirasi percaya adanya persekongkolan untuk mendukung teori bahwa pemerintah Amerika Serikat (AS) melakukan sendiri serangan itu. Ledakan WTC di AS itu terjadi pada Selasa, 11 September 2001 dan dikenal sebagai tragedi 9/11.

6. Kurt Cobain 'Nirvana' Bunuh Diri
Para penggemar Nirvana berpendapat bahwa itu bukanlah bunuh diri, melainkan Cobain dibunuh oleh istrinya, Courtney Love. Seorang penyidik swasta, Tom Grant, kemudian menyeret Michael DeWitt, pengasuh Francis Bean, putri Cobain. Berdasarkan dugaan, DeWitt telah bersekongkol dengan Love untuk membunuh Kurt Cobain.

7. Kematian Palsu Michael Jackson dan Elvis Presley
Beberapa teori konspirasi menyebutkan bahwa Michael Jackson, Tupac Shakur, dan Elvis Presley sebenarnya masih hidup. Para pesohor telah memalsukan kematiannya agar mereka bisa beristirahat dari pandangan khalayak.

8. Kematian Marilyn Monroe
Marilyn Monroe dikabarkan meninggal pada pertengahan 1960-an karena kelebihan dosis obat tidur jenis barbiturate. Namun, beberapa pihak menduga keluarga Kenedy memerintahkan pembunuhan Marilyn dengan dalih menyembunyikan perselingkuhannya dengan John dan Bobby Kennedy. Ada pula yang menyebutkan Marilyn dibunuh oleh CIA untuk menghukum Kennedy terkait krisis Teluk Babi di Kuba.

9. Karya William Shakespeare
Teori konspirasi pernah menyebutkan bahwa William Shakespeare tidak menuliskan karya drama dan sonnet, melainkan ditulis oleh Sir Francis Bacon atau Christopher Marlow, para sahabat Shakespeare.

10. Kematian Putri Diana
Sejumlah pihak berpendapat bahwa Putri Diana meninggal karena kecelakaan mobil di Paris pada 1997 yang sudah diatur oleh Istana. Menurut teori konspirasi, Istana sengaja membunuh Diana dan Dodi Fayed agar keluarga Muslim Mesir itu tidak masuk dalam Keluarga Kerajaan Inggris.

11. Munculnya Crop Circle dan Alien
Menurut teori konspirasi, alien dan crop circle sebetulnya dibuat oleh manusia dan bertujuan untuk menakut-nakuti seperti teror yang disebarkan. Padahal, pemerintah-lah di balik fenomena itu semua.
-
(Source: Istimewa)
12. Illuminati Masih Eksis
Menurut sejarah, komunitas illuminati sudah bubar sejak ratusan tahun lalu. Namun, penggemar teori konspirasi menemukan bukti lain. Menurut mereka, illuminati masih ada hingga hari ini dan punya rencana besar untuk menaklukkan dunia. Simbol segitiga dan mata satu illuminati diyakini masih tersebar di banyak elemen barang yang umumnya digunakan manusia sampai hari ini. Namun, belum ada bukti kuat untuk membuktikan itu.
-
(Source: Pixabay)

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X