DPRD DKI Belum Satu Suara soal Revitalisasi TIM

- Jumat, 6 Desember 2019 | 19:00 WIB
Rapat komisi B dengan deretan BUMD DKI Jakarta, Jumat (6/12) (Indozone/Nani Suherni).
Rapat komisi B dengan deretan BUMD DKI Jakarta, Jumat (6/12) (Indozone/Nani Suherni).

Rencana revitalisasi kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta belum tuntas. Dalam rapat komisi tentang Rancangan APBD DKI 2020, deretan anggota dewan masih berdebat soal pembangunan wisma TIM.

Dalam rapat Badan Anggaran (Banggar), revitalisasi TIM pada 2020 mendapatkan alokasi dana Rp200 miliar dari anggaran yang diajukan Rp400 miliar. Pemotongan anggaran itu dilakukan karena pembangunan wisma TIM tidak disepakati. 

Meskipun sudah ada penolakan, tetapi Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pengembang, melakukan pemindahan lokasi wisma seni.

Anggota komisi B Fraksi PDI Perjuangan, Gilbert Simanjuntak, menegaskan pihaknya tidak sepakat tentang revitalisasi TIM. Bahkan, ia tegas meminta proyek itu dimoratorium sampai ada kesepakatan dengan para seniman.

"Kalau itu dibangun itu untuk siapa? Kalau yang punya rumah juga tidak mau pakai. Ini bukan soal uangnya, tetapi siapa yang akan pakai? Saya sarankan ini untuk dimoratorium," jelas Gilbert di ruang rapat Komisi B, Jakarta, Jumat (6/12).

Gilbert menyebutkan, agak konyol ketika Jakpro ingin membangun wisma TIM yang setara hotel bintang lima. Apalagi, salah satu BUMD DKI, Tourisindo, yang bakal mengelola hotel itu masih merugi.

"Jakarta Tourisindo saja masih tidak untung, kenapa Jakpro bikin hotel bintang," tuturnya.

Berbeda dengan anggota DPRD lainnya, Nur Afni Sajim dari fraksi Demokrat menilai pembahasan ini sudah masuk Banggar. Jakpro pun telah memulai proyek tersebut.

"Menurut saya, kasih sajalah. Kalau Wisma TIM tidak dibangun, ini tetap kita dibangun juga," tuturnya.

Hal senada disampaikan anggota Fraksi PSI, Eneng Malianasari, yang dengan singkat sepakat revitalisasi TIM dilanjutkan.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X