Gagal Maju Pilgub Sumbar, Faldo Maldini Singgung soal PM Finlandia

- Rabu, 11 Desember 2019 | 18:05 WIB
Faldo Maldini (Antara/Dyah Dwi).
Faldo Maldini (Antara/Dyah Dwi).

Gugatan Faldo Maldini terkait batas syarat minimal pendaftaran calon kepala daerah ditolak Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu (11/12). Ketua DPW PSI Sumatera Barat itu lantas gagal maju ke Pemilihan Gubernur daerah tersebut karena usianya kurang dari satu hari untuk menjadi bakal calon. 

Faldo Maldini menyayangkan keputusan MK. Dia pun membandingkan regulasi di Indonesia dan Finlandia. Saat ini pemerintahan baru Finlandia dipimpin Perdana Menteri Sanna Marin, yang baru berusia 34 tahun.

"Baru 10 Desember yang lalu, Finlandia punya perdana menteri usia 34 tahun. Dunia sudah berubah, tidak seperti sepuluh tahun atau dua puluh tahun yang lalu," kata Faldo Maldini ketika dihubungi, Rabu (11/12).

Faldo Maldini menganggap putusan MK yang menolak permohonan batas usia pencalonan daerah, bakal menghambat regenerasi kepemimpinan nasional. 

"Permohonan kami ini adalah sebuah alarm peringatan bagi negara ini untuk mempercepat proses regenarasi kepemimpinan. Mempercepat hadirnya generasi baru yang tidak terikat sama masa lalu," ujar Faldo Maldini.

Meski demikian, Faldo Maldini tetap menghormati putusan MK. Menurutnya, keberpihakan pada kesempatan bagi anak muda akan menjadi sebatas ucapan saja.

"Ini bukan soal Faldo Maldini, tetapi kesempatan bagi anak muda. Artinya, kesempatan bagi anak muda hanya akan jadi komoditas kampanye. Keberpihakan akan jadi semacam ucapan, tetapi tidak akan pada tindakan. Kalau bukan anak muda yang bertarung siapa lagi," kata Faldo Maldini.

Mantan Wasekjen PAN itu menegaskan apa yang sudah dilakukannya di Sumatera Barat akan berlanjut. Terkait UU Pilkada ini, Faldo Maldini yakin PSI akan memperjuangkan revisinya bila masuk ke DPR RI pada Pemilu 2024.

"Apa yang saya sudah lakukan di Sumbar lanjut terus. Tidak akan berhenti gara-gara putusan ini. Sumangaik Baru (Semangat Baru) akan bekerja terus. Masih ada pertarungan politik," tutur Faldo Maldini.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X