Ramai #gaji8juta #KAMUHARUSTAU Struktur dan Skala Upah di Indonesia

- Jumat, 26 Juli 2019 | 15:07 WIB
Sejumlah buruh berunjukrasa di depan Kantor Gubernur Jawa Timur di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (18/7/2019). Mereka menolak revisi Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Sejumlah buruh berunjukrasa di depan Kantor Gubernur Jawa Timur di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (18/7/2019). Mereka menolak revisi Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Publik saat ini, tengah memperbincangan soal permintaan gaji Rp 8 juta oleh seorang sarjana yang baru lulus. Tanggapan pro dan kontrapun mewarnai jagad media sosial.

Di Indonesia #KAMUHARUSTAU ada aturan yang mengatur tentang struktur dan skala upah. Aturan tersebut, dikeluarkan pada 2017 dan merupakan turunan dari UU Ketenagakerjaan.

Dalam aturan tersebut, struktur upah merupakan susunan kisaran upah dari yang terkecil sampai tertinggi. Sedangkan skala upah adalah nominal upah dari yang terendah sampai yang tertinggi yang disesuaikan dengan golongan jabatan yang diembannya.

Pengaturan struktur dan skala upah dilakukan oleh perusahaan dengan syarat harus memperhatikan golongan, jabatan, masa kerja, pendidikan dan kompetensi.

#KAMUHARUSTAU juga jika dalam aturan tersebut, struktur atau skala upah merupakan upah pokok tidak termasuk tunjangan dan lain sebagainya. Di Indonesia, upah pokok dibayarkan kepada pekerja atau buruh besarannya ditetapkan sesuai kesepakatan.

Tetapi, perlu dicatat, dalam Undang Undang Ketenagakerjaan dengan tegas melarang pengusaha membayar upah lebih rendah dari upah minimum. Dan upah minimum ini diberikan pada pekerja atau buruh dengan masa kerja kurang dari 1 (satu) tahun pada perusahaan yang bersangkutan. 

Sementara upah bagi pekerja/buruh dengan masa kerja 1 (satu) tahun atau lebih dirundingkan secara bipartit antara pekerja/buruh dengan pengusaha di perusahaan yang bersangkutan.

Nah, seperti itu sobat milenial #KAMUHARUSTAU bagaimana pola pengupahan di Indonesia, biar tidak kecewa saat disodorin gaji atau upah ketika baru pertama kali ngelamar kerja. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X