Yuk Kenali Orang Tua Tipe Tukang Kayu Dan Orang Tua Tipe Tukang Kebun

- Senin, 22 Juli 2019 | 16:45 WIB
Ilustrasi/Pexels
Ilustrasi/Pexels

Setiap orang tua yang memiliki anak pasti berpikir bagaimana cara mengasuh anak dengan baik dan benar. Berbagai cara akan dilakukan agar anak bisa tumbuh dengan baik.

Setelah tipe orang tua macan vs orang tua lumba-lumba, orang tua helikopter vs orang tua pesawat, kini muncul pula istilah baru untuk mengelompokkan orang tua berdasarkan pola asuh yang diterapkan pada anak, yaitu orang tua tukang kayu dan orang tua tukang kebun

Istilah orang tua tukang kayu dan orang tua tukang kebun ini dicetuskan Alison Gopnik, psikolog dan profesor psikologi di Universitas California, Berkeley, AS.

1. Orang tua tipe tukang kayu

-
Ilustrasi/Pexels

 

Dalam buku yang berjudul The Gardener and The Carpenter yang dirilis pada Agustus 2017, Gopnik mengatakan bahwa orang tua generasi milenial memandang anak sebagai entitas yang dapat mereka bentuk sesuai yang mereka inginkan.

Orang tua tipe ini cenderung berpikir bahwa anak bisa dipahat dan dibentuk sesuai keinginan. Mereka akan memperkaya pengetahuan dalam mengasuh anak sehingga mereka bisa menentukan untuk mengarahkan anak-anaknya ke mana sampai pada memprediksi bagaimana karir anak kelak.

Saking fokusnya memikirkan masa depan anak, orang tua tipe ini akan mengabaikan keinginan anak, dan tetap membuat anak menuruti keinginan yang telah mereka rencanakan.

2. Orang tua tipe tukang kebun

-
Ilustrasi/Pexels

 

Berbeda dengan tipe orang tua sebelumnya, Gopnik menjelaskan bahwa orang tua tipe ini akan membiarkan anak-anak tumbuh sesuai intuisi dan minat masing-masing.

Mereka akan menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis agar anak dapat bertumbuh dengan baik. Orang tua jenis ini akan memberikan yang terbaik untuk anak, mulai dari sekolah, sampai memantau pergaulan anak tetapi tidak mencampuri urusan anak.

Mendidik anak sejak kecil adalah tugas setiap orang tua, namun ada baiknya jika tidak memaksakan kehendak diri agar anak mengikuti setiap aturan yang kita buat. Biarkan anak menjadi dirinya sendiri, tugas sebagai orang tua adalah mengawasi setiap perkembangan anak.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X