Kapolda Metro Ungkap 4 Hal yang Dilakukan Pihaknya saat Bantu Evakuasi Banjir di Bekasi

- Senin, 22 Februari 2021 | 13:37 WIB
Pangdam-Kapolda Tinjau Tanggul Jebol di Kabupaten Bekasi. (Dok Humas Polda Metro)
Pangdam-Kapolda Tinjau Tanggul Jebol di Kabupaten Bekasi. (Dok Humas Polda Metro)

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman meninju lokasi tanggul Sungai Citarum di Kabupaten Bekasi yang jebol.

Dalam kesempatan itu, Irjen Fadil menyampaikan jika pihaknya melakukan empat cara dalam membantu korban banjir salah satunya memastikan keselamatan jiwa masyarakat.

"Kita melakukan empat hal. Pertama evakuasi, kedua akomodasi, ketiga logistik dan kesehatan," kata Irjen Fadil kepada wartawan di Kabupaten Bekasi, Senin (22/2/2021.

Dia menyebut hal terpenting adalah memastikan keselamatan masyarakat yang terdampak banjir. Hal terpenting selanjutnya juga berkaitan dengan makanan dan layanan kesehatan untuk korban banjir.

"Tujuannya yang terdampak itu mendapatkan layanan kesehatan, layanan makanan, logistik dan ketiga adalah memastikan keselamatan jiwa bisa diamankan," beber Fadil.

Baca Juga: FOTO: Penangkapan Bajak Laut di Perairan Selat Singapura

Lebih jauh Fadil mengatakan pihaknya sudah menyiapkan dapur umum untuk korban banjir akibat tanggul jebol di Kabupaten Bekasi.

"Ada dapur umur kita siapkan karena memang masyarakat membutuhkan makanan siap saji disamping berikan makanan kering biskuit dan Indomie terus kita sesuaikan jumlah pengungsi, kapasitas masaknya kita sesuaikan," kata Fadil.

Sekedar informasi, tanggul Sungai Citarum, Kampung Babakan Banten, Kabupaten Bekasi dikabarkan jebol pada Sabtu (20/2/2021) malam. Imbas dari jebolnya tanggul tersebut merendam rumah warga yang tersebar di empat desa dengan ketinggian air kala itu mencapai satu hingga dua meter.

Tercatat ada sekitar 10.000 KK di empat desa tersebut. Warga pun ada yang mengungsi dan ada yang memilih bertahan di rumahnya.

Polisi menyebut akses jalan di sana sempat terputus dan hanya bisa dilalui menggunakan perahu karet. Mabes Polri pun sempat mengerahkan helikopter untuk membantu memberikan bantuan melalui udara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X