Terancam Resesi, Sandiaga: Kebijakan Pemerintah Selamatkan Ekonomi Jauh dari Harapan

- Selasa, 22 September 2020 | 23:35 WIB
Sandiaga Uno. (Photo/Instagram/@sandiuno)
Sandiaga Uno. (Photo/Instagram/@sandiuno)

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati telah mengeluarkan aba-aba bahwa Indonesia sebentar lagi akan mengalami resesi. Tepatnya hal itu akan berlangsung di akhir September 2020 mendatang.

Sinyal yang disampaikan oleh Menteri Keuangan itu pun mendapatkan respon dari pengusaha nasional, Sandiaga Uno. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menyebut bahwa kebijakan yang telah dilakukan pemerintah justru gagal dalam menyelamatkan ekonomi di tanah air, khususnya sektor UMKM.

“Jika dilihat dari aspek kebijakan pemerintah untuk menyelamatkan ekonomi nasional, khususnya UMKM, nampaknya jauh dari harapan. Tim ekonomi pemerintah telah gagal membangun rumusan kebijakan stimulus fiskal untuk menyelamatkan UMKM dan ekonomi, faktanya daya beli terus menurun,” ujar Sandi, Selasa (22/9/2020).

Tak hanya itu saja, Sandiaga Uno juga menilai kebijakan fiskal untuk sektor UMKM belum terlaksana secara maksimal. Bahkan ia menyebutkan realisasi anggaran pemulihan ekonomi nasional untuk UMKM baru mencapai Rp58,74 triliun atau 47,5 persen dari pagu anggaran Rp123,46 triliun per 16 September 2020.

Walaupun begitu, Sandiaga masih berharap adanya bantuan presiden (banpres) untuk pelaku UMKM bisa kembali mendorong sektor usaha masing-masing di tengah pandemi COVID-19.

Ia menilai saat ini UMKM masih harus mengaplikasikan mode bertahan agar bisnis yang sudah diperjuangkan tetap berjalan.

“Sebab tidak seorang pun tahu kapan krisis ini akan berlalu. Bahkan, apa yang kita sebut normal di masa pra-pandemi harus mengalami pendefinisian ulang,” katanya.

“Zaman sekarang data dan tren bisnis bisa kita dapatkan dengan mudah. Kita tinggal mengamati, meniru, dan memodifikasi tren yang ada sehingga kita memiliki model bisnis baru,” lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X