WHO Tetapkan Madinah sebagai Kota Tersehat di Dunia

- Minggu, 24 Januari 2021 | 15:49 WIB
Madinah ditetapkan jadi kota tersehat di dunia oleh WHO. (SPA via arabnews.com)
Madinah ditetapkan jadi kota tersehat di dunia oleh WHO. (SPA via arabnews.com)

Madinah di Arab Saudi ditetapkan sebagai salah satu kota yang paling sehat di dunia oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO mengakui Kota Madinah di Arab Saudi sebagai salah satu kota tersehat di dunia setelah melakukan penilaian, memastikan Madinah memenuhi semua standar global yang diperlukan sebagai kota sehat.

Berdasarkan definisi WHO, kota sehat adalah kota yang selalu menciptakan serta meningkatkan lingkungan fisik dan sosial.

Serta, bisa memperluas sumber daya komunitas yang membuat warganya saling mendukung dalam menjalankan fungsi kehidupan secara maksimal.

Madinah diyakini sebagai kota pertama dengan populasi lebih dari 2 juta orang yang diakui di bawah program kota sehat WHO.

Sebanyak 22 organisasi pemerintah, komunitas, lembaga amal, serta relawan di Madinah yang membantu mempersiapkan status Kota Sehat Madinah.

"Kota yang sehat adalah kota yang terus-menerus menciptakan dan meningkatkan lingkungan fisik dan sosial dan memperluas sumber daya masyarakat yang memungkinkan penduduk saling mendukung satu sama lain dalam menjalankan semua fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal,” bunyi pernyataan WHO, dikutip dari Arab News, Minggu (24/1/2021).

Lebih lanjut, program Kota Sehat Madinah juga menggandeng Universitas Taibah yang mencatat semua persyaratan dan prosedur pemerintah berdasarkan aturan, bukti, serta prosedur bertaraf global, melalui platform elektronik.

WHO juga merekomendasikan supaya Universitas Taibah memberikan pelatihan kepada instansi kepada daerah lainnya yang berminat mengikuti program kota sehat.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X