The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Nasib Ekonomi Diumumkan Siang Ini, Indonesia Bakal Krisis Moneter Lagi Akibat Covid-19?
Presiden Jokowi hadiri rapat terbatas evaluasi penanganan Covid-19 di Istana Merdeka beberapa waktu lalu. (Foto: Instagram/Jokowi)
News

Nasib Ekonomi Diumumkan Siang Ini, Indonesia Bakal Krisis Moneter Lagi Akibat Covid-19?

Rabu, 05 Agustus 2020 11:10 WIB 05 Agustus 2020, 11:10 WIB

INDOZONE.ID - Ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan negatif akibat Pandemi COVID-19. Bahkan menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, ekonomi Indonesia diperkirakan akan anjlok sampai ke titik -4,3 persen.

Kondisi ini memunculkan sinyalemen Indonesia bakal mengalami resesi atau krisis moneter seperti yang pernah terjadi pada tahun 1998.

Nasib ekonomi Indonesia akan diketahui siang ini dari pengumuman pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 yang akan disampaikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pukul 11.00 WIB.

Kemungkinan bahwa Indonesia bakal mengalami resesi bukan cuma disampaikan oleh Menteri Keuangan, tetapi juga oleh Bank Indonesia (BI) dan banyak pengamat ekonomi.

"Kita ekspektasi (berharap) kuartal II itu kontraksi. Saya sampaikan di sini (persentase kemungkinan) minus 3,5 persen sampai minus 5,1 persen. Titik poin minus 4,3 persen," kata Sri Mulyani Indrawati di Gedung DPR RI, Rabu (15/7/2020).

BI sendiri memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 Indonesia bakal anjlok sampai ke titik 4 persen hingga 4,8 persen.

"Proses pemulihan ekonomi RI akan berlangsung sangat lambat atau berbentuk huruf U (U-shape) karena tengah menghadapi masa-masa yang sangat sulit. Kuartal II, Kemenkeu (memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia) negatif 4 persen. (Perkiraan) BI kurang lebih angkanya sama, antara 4 persen sampai 4,8 persen. Itu range kita. Dengan U-shaped recovery (pemulihan) relatif lambat," ujar Destry dalam konferensi video di Jakarta, Senin (20/7/2020).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
JOIN US
JOIN US