The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Soal Klaim Buat Obat Covid-19, IDI Minta Hadi Pranoto Membuktikannya
Ilustrasi obat virus corona. (freepik)
News

Soal Klaim Buat Obat Covid-19, IDI Minta Hadi Pranoto Membuktikannya

Bisa menyembuhkan.

Selasa, 04 Agustus 2020 12:09 WIB 04 Agustus 2020, 12:09 WIB

INDOZONE.ID - Anggota Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Abdul Halik Malik meminta Hadi Pranoto untuk buka-bukaan soal klaim produk yang ditemukannya dan mampu menyembuhkan orang yang positif virus corona atau Covid-19.

"Klaim itu harus dibuktikan dengan serangkaian penjelasan dan riwayat berupa langkah-langkah yang sudah ditempuh. Dalam rekayasa produk ada tahapan yang harus diikuti, ada 8 tahap untuk sampai pada kandidat obat dan produk kesehatan lainnya," ucap Halik kepada Indozone, Selasa (4/8/2020).

Dikarenakan telah menjadi kontroversi dan perbincangan publik, Halik mendesak agar Hadi menjelaskan produknya agar masyarakat dapat mengetahui apa khasiat dan efek dari obat yang dibuat oleh Hadi tersebut.

"Nanti dari produk itu kita ketahui apa zat aktif dan khasiatnya. Dari situ kita bisa ketahui keamanan dan efektifitasnya. Kalau yang sekarang ini masih disampaikan secara lisan oleh yang bersangkutan," terangnya.

Lebih lanjut, Halik terkejut dengan kemunculan sosok Hadi Pranoto yang mengklaim dirinya sebagai profesor dan pakar mikrobiologi. Ia pun mempertanyakan status profesornya, dan lembaga riset pendidikan yang ditempuh.

"Ada banyak versi, menurut teman-teman sejawat di bidang kesehatan, orang yang diajak tukar pikiran dengan Anji itu, Hadi Pranoto ada dokter, tapi bukan yang itu. Kemudian, profesornya di mana, lembaga riset apa pendidikan atau lainnya? Kalau lainnya kita tidak bisa verifikasi. Profesor itu tidak ada yang independen, ada rumahnya," papar Halik.

"Kalau sudah profesor, para ahli di bidang tersebut pasti mengenal beliau. Kita bisa mencarinya di database riset lembaga penelitian atau jurnal ilmiah, ini tidak ditemukan. Setidaknya ada tulisan koran atau dikutip," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Yulia Marianti
Sarah Hutagaol

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US