Aksi Turis Nekat Panjat Situs Arkeologi Piramida Kukulcan ke Puncak Tuai Kecaman

- Rabu, 6 Januari 2021 | 14:22 WIB
Aksi turis panjat Piramida Kukulcan (Tiktok/ karenlafleur)
Aksi turis panjat Piramida Kukulcan (Tiktok/ karenlafleur)

Sebuah video memperlihatkan aksi seorang turis saat sedang berada di situs sejarah milik suku maya Chichen Itza yang terletak di Kotamadya Tinúm, Negara Bagian Yucatán, Meksiko.

Turis tersebut menaiki Piramida Kukulcan yang berada di komplek Chichen Itza itu dari bahwa hingga sampai ke bagian atas. Sedangkan sejumlah turis lainnya yang berada di sekitar situs arkeologi itu melihat dan mengabadikan aksi tak biasa turis tersebut.

Video itu dibagikan oleh kreator Tiktok @karenlafleur.dll pada Rabu (6/1/21) dari bawah Chichen Itza.

Turis itu tampak menaiki ribuan anak tangga sambil merangkak. Saat sampai di bagian atas Piramida Kukulcan, turis tersebut semakin memperlambat gerakannya dan berhenti sebentar karena kelelahan.

Sementara turis lainnya yang melihat hal tersebut memberikan tepuk tangan kepada sang turis yang telah berhasil sampai ke bagian atas.

Video itu pun viral di Tiktok hingga ditonton 5 views dan mendapatkan 5 juta likes dan 77,6 ribu komentar dari para netizen. 

Banyak dari para netizen yang menyebut bahwa tindakan yang dilakukan turis tersebut sebenarnya tidaklah diperbolehkan lantaran Chichen Itza merupakan peninggalan sejarah suku maya dan sangat dimuliakan.

"Ini sangat tidak sopan, mengapa mereka melakukan itu. Orang harus belajar tentang budaya jika mereka akan bepergian kesana," komentar @pemuda ._ 

"Orang-orang ini tidak lucu ya, ini sangat tidak sopan, anda tidak bisa melakukan itu," komentar @rafasevilla17 

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X