The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Komjen Sigit Sowan ke Demokrat, AHY Minta Kapolri Mendatang Bisa Adil: Justice For All
AHY saat bertemu dengan Komjen Listyo Sigit Prabowo. (Instagram)
News

Komjen Sigit Sowan ke Demokrat, AHY Minta Kapolri Mendatang Bisa Adil: Justice For All

Senin, 18 Januari 2021 15:31 WIB 18 Januari 2021, 15:31 WIB

INDOZONE.ID - Calon tunggal Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Komjen Listyo Sigit Prabowo melakukan sowan ke kantor pusat Partai Demokrat dan bertemu dengan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pada kesempatan itu AHY meminta jika terpilih pada kepemimpinan Sigit, agar polri bisa merangkul semua kelompok, golongan dan kepentingan.

Agar keadilan dapat dirasakan oleh seluruh rakyat, ‘justice for all’.

"Hari ini, di Ruang Biru kantor DPP Partai Demokrat, saya bersilaturahmi dengan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo," tulis AHY dalam akun Instagramnya seperti yang dikutip INDOZONE, Senin (18/1/2021).

Dalam kesempatan ini, saya dan Partai Demokrat menyampaikan harapan kepada beliau agar nanti jika terpilih, di bawah kepemimpinan beliau, Polri dapat semakin aktif dalam menegakan hukum yang independen, netral dan imparsial.

"Saya berharap agar ke depan Polri juga semakin profesional dalam menyelesaikan isu-isu terkait intoleransi, radikalisme, serta semakin sukses dalam menciptakan stabilitas keamanan nasional," kata AHY.

Pada pertemuan itu AHY didampingi oleh Sekjen PD Bung Teuku Riefky Harsya, Ketua Fraksi PD DPR RI Mas Edhie Baskoro Yudhoyono, perwakilan Komisi III Fraksi PD DPR RI Bung Benny K. Harman, Bang Hinca Panjaitan, Mas Didik Mukrianto dan Bang Santoso, serta Wasekjen Agust Jovan Latuconsina.

"Saya menyampaikan pada Komjen Sigit agar Kapolri yang baru dapat berdiri di atas semua kelompok, golongan dan kepentingan. Agar keadilan dapat dirasakan oleh seluruh rakyat, ‘justice for all’," sambung dia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Agus Yudhoyono (AHY) (@agusyudhoyono)

Sebelumnya Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memohon doa dan dukungan dari masyarakat agar rangkaian uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI pada pekan depan dapat berjalan lancar.

Hal itu dikatakannya pasca ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menjadi calon tunggal Kapolri.

"Terima kasih atas dukungan dan support-nya, mohon doanya agar bisa melaksanakan rangkaian fit and proper test dengan baik," tutur Komjen Sigit saat dihubungi di Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengajukan nama Listyo Sigit Prabowo ke DPR RI sebagai calon tunggal Kapolri.

"Surpres telah kami terima yang mana Bapak Presiden mengajukan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu Bapak Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim di Polri," kata Ketua DPR RI Puan Maharani.

Surpres tersebut bernomor: R-02/Pres/01/2021 dan disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu.

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery mengatakan Rapat Internal Komisi III DPR RI pada Rabu telah memutuskan jadwal uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri Komjen Sigit akan dilaksanakan pada Selasa (19/1) setelah sebelumnya diawali dengan ujian pembuatan makalah pada Senin (18/1).

"Hari Senin (18/1), calon Kapolri akan diundang ke Komisi III DPR untuk membuat makalah selama 1-2 jam, lalu hari Selasa (19/1) dilakukan uji kelayakan dan kepatutan," tutur Herman.

Herman mengatakan dari hasil rapat internal Komisi III sejauh ini, mayoritas anggota komisi yang membidangi hukum, HAM dan keamanan ini sangat berharap kepada Listyo Sigit untuk melakukan berbagai terobosan bagi Kepolisian.

Namun dia menilai harapan-harapan tersebut tergantung pada hasil uji kelayakan dan kepatutan pada pekan depan. Hal itu karena dalam uji kelayakan bisa terlihat komitmen Listyo Sigit dalam memimpin Kepolisian.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US