Selain di TMII, Polda Metro Juga Terjunkan 3 Mobil SIM Keliling di Jakbar

- Rabu, 3 Juni 2020 | 18:22 WIB
Ilustrasi layanan SIM keliling di DKI Jakarta. (ANTARA/Livia Kristianti/am)
Ilustrasi layanan SIM keliling di DKI Jakarta. (ANTARA/Livia Kristianti/am)

Terjadinya penumpukkan pengunjung di samsat maupun satpas di Jakarta membuat Ditlantas Polda Metro Jaya bertindak. Selain mengeluarkan dua unit mobil SIM keliling di Jaktim, Polda Metro juga mengeluarkan tiga mobil SIM keliling di Jakbar dengan tujuan mengurai penumpukkan pengunjung di lokasi pelayanan SIM yang ada di Jakarta.

"SIM keliling lainnya ada tiga unit lagi kita perbantukan di Daan Mogot untuk memback-up Satpas SIM Daan Mogot yang hari ini juga terjadi lonjakan pemohon perpanjangan SIM," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (3/6/2020).

Total, sudah ada lima unit mobil SIM keliling yang sudah mulai beroperasi di Jakarta. Rinciannya ada dua di TMII, Jakarta Timur dan tiga unit di Daan Mogot, Jakarta Barat.

Lebih jauh Sambodo mengatakan jika new normal di Jakarta sudah berlaku, pihaknya juga akan kembali membuka gerai pelayanan SIM di mall-mall yang ada. Dengan adanya gerai pelayanan SIM di mall-mall, Polda Metro berharap dapat memecah antrian yang terjadi di beberapa titik pelayanan satpas di Jakarta.

"Nanti setelah mall sudah boleh dibuka dengan new normal dan protokol Covid yang ketat, maka gerai SIM yang di mall juga akan kita buka kembali sehingga ini akan membantu untuk memecah antrian," ungkap Sambodo.

Untuk proses pelayanan masyarakat, Sambodo mengatakan pihaknya tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ada. Petugas di lapangan juga sudah membatasi kuota pemohon perpanjangan SIM setiap harinya.

"Data kuotanya perhari dikaitkan dengan ruang tunggu pelayanan. Kalau di Satpas Daan Mogot yang jumlahnya besar itu bisa kita sampai 600 atau 800 orang perhari, tapi kalau di SIM keliling hanya mencapai 150 sampai 200 orang perhari. Kalau di Satpas Kebon Nanas kecil bisa mencapai 100 hingga 150 orang. Jadi betul-betul kita melihat dan menjaga physical distancing dari pemohon," pungkas Sambodo.

 


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X