Ketahui, Ini Peralatan yang Perlu Kamu Siapkan Saat Naik Ojol di Masa New Normal

- Sabtu, 13 Juni 2020 | 22:50 WIB
Pengemudi ojek online mengenakan sekat pelindung saat menunggu penumpang di kawasan Jalan Kendal, Jakarta, Kamis (11/6/2020). (Photo/INDOZONE/Febio Hernanto)
Pengemudi ojek online mengenakan sekat pelindung saat menunggu penumpang di kawasan Jalan Kendal, Jakarta, Kamis (11/6/2020). (Photo/INDOZONE/Febio Hernanto)

Bagi Kamu yang ingin memanfaatkan jasa layanan Ojek Online (Ojol) sebaiknya segera mempersiapkan beberapa barang demi menjaga dari penularan Covid-19.

Andi Khomeini yang merupakan dokter spesialis penyakit sekaligus Chairman Junior Doctors Network Indonesia menjelaskan bahwa tidak hanya masker yang menjadi barang yang perlu disiapkan. Ada juga barang lain, seperti kacamata, helm dengan penutup jika ada.

Ia menyampaikan beberapa barang yang perlu dibawa tersebut sebagai antisipasi penularan Covid-19. Hal itu disampaikannya dalam talkshow Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 'Aman dan Nyaman Naik Ojek Online', di Jakarta, Sabtu (13/6/2020).

"Gunakan masker, goggles atau kacamata, helm yang ada penutup, mesti membawa helm sendiri. Kalau ada droplet terkunci untuk penumpang sendiri, potensi penularan (Covid-19) sudah ditekan sendiri," katanya.

Sementara bagi Kamu yang sering menggunakan pembayaran secara tunai, Andi menyarankan untuk selalu membawa hand sanitizer atau cairan penyanitasi tangan. Sebagian pengemudi Ojol juga kini telah memasang partisi sebagai langkah menjaga jarak.

"Lalu ada partisi, tekan penularan, protokol kebersihan yang digunakan driver dan penumpang," tutur Andi.

Andi juga menyarankan untuk mengatur gaya hidup sehat dengan mengurangi makanan junk food, mengonsumsi makanan bergizi dan tidak merokok. Di samping itu, dokter spesialis jantung, Vito A. Damay juga menyarankan untuk tidak bertukar alat makanan dengan orang lain.

"Tidak bertukar alat makan, bawa sendiri. Belajar kesehatan itu mahal," sarannya.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X