Penumpang KRL Makin Tertib, Dirut PT KAI: Kami Sangat Berterima Kasih

- Senin, 15 Juni 2020 | 14:30 WIB
Petugas memberikan imbauan pendisiplinan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 kepada penumpang KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (28/5/2020). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Petugas memberikan imbauan pendisiplinan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 kepada penumpang KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (28/5/2020). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Didiek Hartantyo mengapresiasi tingkat kedisiplinan dan kepatuhan aturan dari para pengguna kereta rel listrik (KRL) commuter line. Para penumpang dinilai kian baik dan tertib ketika menggunakan layanan transportasi ini. 

 "Para pengguna KRL pagi hari ini sangat tertib mengikuti antrean, dan berbagai protokol kesehatan yang diwajibkan. Kami sangat berterima kasih atas pengertian dan kesabaran dari para pengguna. Inilah adaptasi yang senantiasa kita upayakan di masa transisi ini," kata Didiek di Jakarta, Senin (15/6/2020).

Terwujudnya kedisiplinan itu, kata Didiek, juga berkat dukungan dari  TNI, Polri, dan pemerintah. Sehingga dapat menyediakan layanan transportasi publik sesuai protokol kesehatan pada masyarakat, terutama saat pandemi virus corona (Covid-19) saat ini.

"Sebagai bentuk koordinasi dan dukungan dari pemerintah, para calon pengguna KRL di Stasiun Bogor, Cilebut, Bojonggede, Tambun, dan Cikarang dapat memanfaatkan bus gratis yang disiapkan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub)," ujarnya.

Dia menambahkan, kehadiran bus tersebut dapat menjadi alternatif moda angkutan dari stasiun-stasiun tersebut ke sejumlah lokasi di Jakarta. Secara total tersedia puluhan bus menuju Jakarta untuk pemberangkatan mulai pukul 05.30 WIB hingga 07.30 WIB.

-
Ratusan calon penumpang KRL Commuter Line mengantre menuju pintu masuk Stasiun Bogor di Jawa Barat, Senin (8/6/2020). (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

"Kami tetap mengimbau kepada pengguna jasa Commuter Line jangan lupa gunakan masker, cuci tangan di wastafel dan tetap jaga jarak dengan mematuhi marka baik di stasiun ataupun KRL. Dengan disiplin dan kerja sama yang baik kita pasti bisa terus bergerak, disiplin, produktif, dan aman," pungkasnya.

Sementara itu, manajemen PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyebutkan sejauh ini para pengguna KRL semakin tertib dalam mengikuti protokol kesehatan yang dijalankan. 

Bahkan, situasi di sejumlah stasiun pada Senin (15/6/2020) pagi kembali terlihat antrean pengguna, namun dapat mengalir dan terlayani untuk bergerak ke peron dan kereta. 

"Hingga pukul 11.00 WIB tercatat pengguna yang telah melakukan tap in di gate masuk seluruh stasiun KRL mencapai 160.946 orang, atau naik 12% dibanding waktu yang sama pada hari Senin 8 Juni lalu," kata VP Corporate Communications KCI, Anne Purba di Jakarta, Senin (15/6/2020).

Anne menjelaskan, misalnya di Stasiun Bogor, hingga pukul 11.00 tadi, tercatat jumlah pengguna yang telah masuk ke Stasiun untuk menggunakan KRL sebesar 12.437 pengguna. Angka ini bertambah 4% dibanding Senin lalu. 

Pengguna mengantre hingga ke selasar dari area parkir stasiun, namun antrean berlangsung tertib, mengalir, dan pengguna senantiasa mengikuti marka dan arahan petugas untuk jaga jarak.

"Di Stasiun Bogor, saat jumlah pengguna mencapai puncaknya pada pagi hari ini, pengaturan masuk stasiun dilakukan dengan disiplin. Waktu yang dibutuhkan calon pengguna untuk mengantre telah berkurang hingga rata-rata di bawah 30 menit. PT KCI juga menyediakan loket portabel tambahan untuk melayani transaksi Tiket Harian Berjaminan di area parkir Stasiun Bogor," ujarnya.

Dia menerangkan, antrean yang tertib dan mengalir juga terlihat di stasiun-stasiun lain yaitu Cilebut, Bojonggede, dan Rangkasbitung.

"Seluruh stasiun yang melayani KRL sepekan ini memang terus memaksimalkan upaya mengatur antrean dengan membuat skema zona antrean dan menambah marka di stasiun," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X