The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral Dua Polisi Gegana Satbrimob Antar Logistik Terobos Banjir Pakai Ban Karet di Kalsel
Personil detasemen gegana Satbrimob Polda Kalsel turun ke lokasi banjir. (IG/Polres Klaten)
News

Viral Dua Polisi Gegana Satbrimob Antar Logistik Terobos Banjir Pakai Ban Karet di Kalsel

Selasa, 26 Januari 2021 12:25 WIB 26 Januari 2021, 12:25 WIB

INDOZONE.ID - Bencana banjir melanda beberapa titik di wilayah Kalimantan Selatan, deras dan tingginya air mengharuskan warga mengungsi ke tempat yang aman. 

Polda Kalimantan Selatan mengerahkan seluruh personelnya untuk melaksanakan misi kemanusiaan di tengah bencana banjir.

Satu persatu warga yang terjebak banjir di evakuasi petugas untuk dibawa menuju tempat pengungsian yang aman.

Pada satu momen dalam foto yang dibagikan akun Instagram Polres Klaten, bahkan dua orang personil Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kalimantan Selatan tampak turun ke lokasi banjir setinggi dada orang dewasa.

"#SatuPaduTanganiBencana Personel Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kalimantan Selatan mendistribusikan bantuan kepada korban banjir di wilayah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (17/1)," tulis caption dalam foto tersebut seperti dikutip INDOZONE.

Tampak mereka tidak takut karena bisa saja kedalaman air bisa saja membuat mereka tenggelam.

Polisi itu tampak membawa pasokan sembako yang dibawa pakai karet ban hingga dapat mengapung. Logistik itu dikirimkan untuk korban banjir di sana.

Satbrimob Polda Kalsel turun ke lokasi banjir. (Antara)
Satbrimob Polda Kalsel turun ke lokasi banjir. (Antara)

Bahkan jajaran Polres Balangan, Kalimantan Selatan turun langsung menerjang banjir yang menimpa tiga Kecamatan di Kabupaten Balangan, Kalsel.

100 personel yang dikerahkan melaksanakan evakuasi terhadap warga terdampak bencana banjir sekaligus memberikan uluran tangan dengan menyalurkan bantuan berupa paket sembako. Ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap sesama.

Satbrimob Polda Kalsel turun ke lokasi banjir. (Antara)
Satbrimob Polda Kalsel turun ke lokasi banjir. (Antara)

Sementara itu Satuan Brimob Polda Kalimantan Selatan kini mengalihkan fokus ke wilayah banjir di Kabupaten Barito Kuala (Batola) untuk membantu penanganan evakuasi dan distribusi bantuan.

"Ada beberapa wilayah terdampak banjir yang masih terisolir di Batola, kini tim SAR Brimob kami terjunkan ke sana," kata Komandan Satuan Brimob Polda Kalsel Kombes Pol Ronny Suseno, Senin (25/1/2021).

Jika sebelumnya personel Brimob dikerahkan untuk membantu penanggulangan banjir di Kabupaten Banjar yang menjadi salah satu wilayah paling parah diterjang banjir, namun seiring surutnya air maka kini lebih dikonsentrasikan di Batola.

Ronny menuturkan, Desa Trantang di Kecamatan Mandastana saat ini masih terisolir lantaran akses masuk terendam, sehingga tidak bisa dilalui kendaran bermotor.

Anggotanya pun menggunakan perahu karet dalam pendistribusian bantuan sembako ke warga terdampak banjir.

"Kami ingin dalam penyaluran bantuan benar-benar tepat sasaran, jadi sebelumnya anggota mencari informasi daerah mana saja yang belum atau baru sedikit terjangkau bantuan," bebernya.

Diketahui genangan banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Barito Kuala masih cukup tinggi meski terus mengalami penurunan dari hari ke hari seiring berkurangnya intensitas hujan.

Ada enam kecamatan di wilayah Batola terdampak banjir parah seperti Jejangkit, Mandastana, Kuripan, Tabukan, Bakumpai dan Alalak sehingga pemda setempat menetapkan berstatus tanggap darurat banjir.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US