DPR Minta Pemerintah Pusat Segera Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di NTT

- Senin, 5 April 2021 | 09:53 WIB
Berdasarkan data BPBD Kabupaten Flores Timur sebanyak 23 warga meninggal dunia akibat banjir bandang yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi pada minggu dini hari. (ANTARA FOTO/HO/Dok BPBD Flores Timur).
Berdasarkan data BPBD Kabupaten Flores Timur sebanyak 23 warga meninggal dunia akibat banjir bandang yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi pada minggu dini hari. (ANTARA FOTO/HO/Dok BPBD Flores Timur).

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mendorong agar pemerintah pusat dapat segera mengirimkan bantuan baik logistik dan alat berat guna mempermudah pencarian korban banjir bandang di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang masih belum ditemukan. Menurut dia, sinergitas dibutuhkan dalam peristiwa bencana alam ini.

"Semua pihak harus saling sinergis untuk membantu saudara kita di Flores Timur dalam proses evakuasi pencarian korban, bantuan obat obatan, makanan dan pakaian layak pakai dan posko pengungsian serta dapur umum dengan memprioritaskan anak anak dan usia lanjut agar tidak mudah terserang penyakit," ujar Azis dalam keterangannya, Senin (5/4/2021).

 Azis juga menginginkan agar Basarnas, BNPB, Kementerian Sosial, TNI dan Polri untuk dapat mempermudah pengiriman bantuan ke lokasi kejadian. Pasalnya mengingat Lembata merupakan sebuah pulau yang cukup jauh untuk ditempuh dari pelabuhan Larantuka dan tidak bisa di tempuh oleh jalur darat.

"Kecamatan Lembata merupakan daerah kepulauan, tentunya akses harus dipermudah dalam mengirimkan bantuan ke lokasi kejadian. Jangan sampai masalah transportasi menjadi kendala yang menyebabkan tertundanya bantuan kepada para korban bencana," imbaunya.

Baca Juga: AHY: KLB Moeldoko Seharusnya Meminta Maaf ke Presiden Jokowi karena Bikin Gaduh

Mengenai adanya korban jiwa akibat dari banjir bandang di Flores Timur, Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menyampaikan duka cita yang mendalam. Ia berharap keluarga korban dapat diberikan kesabaran serta kesabaran.

" Turut berduka cita yang mendalam atas bencana yang menimpa saudara saudara kita di Flores Timur (NTT), Semoga keluarga korban yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan, serta ditempatkan di sisi Allah yang paling baik," katanya.

Seperti diketahui, banjir bandang telah menerjang dua desa di Flores Timur pada Minggu (4/4/2021) pukul 01.00 WITA. Selain itu beberapa wilayah lainnya di NTT juga mengalami hal serupa.

Banjir bandang yang dipicu intensitas hujan tinggi itu, menerjang antara lain Desa Nelelamadike di Kecamatan Ile Boleng, Kelurahan Waiwerang dan Desa Waiburak di Kecamatan Adonara Timur, Desa Oyang Barang dan Pandai di Kecamatan Wotan Ulumado serta Desa Waiwadan dan Duwanur di Kecamatan Adonara Barat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X