Kocak! Ketahuan Sebar Video Hoaks, Staf Ahli Kemkominfo Mengaku Sedang Eksperimen

- Kamis, 1 April 2021 | 15:03 WIB
Henry Subiakto dan kicauannya (YouTube TV One/Twitter)
Henry Subiakto dan kicauannya (YouTube TV One/Twitter)

Staf Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika sekaligus Ketua Subtim 1 Kajian UU ITE Henry Subiakto mendapat banyak cibiran dari netizen.

Hal itu buntut dari unggahan video di media sosial yang terbukti hoax. Namun, Henry justru mengatakan bahwa video berisi kabar bohong itu sengaja diunggahnya dengan eksperimen.

Alasan ini disampaikan Henry melalui akun Twitter @henrysubiakto, Rabu (31/3/2021).

"Sy justru kdg sengaja bereksperimen, apa yg sdh tersebar ckp lama di bnyk WA group & FB, saat sy coba naikkan ke twitter, ternyata reaksi di twitter itu lbh cepat dlm mengoreksi content, terutama pd akun yg jelas pemiliknya. Hanya sejam sdh bnyk yg ngoreksi. Baguslah. Thanks," tulis Henry.

Henry juga mengungkap hasil penelitiannya usai mengunggah video hoax tersebut.

Menurutnya, media sosial kian dipenuhi dengan netizen yang memiliki jiwa kritis yang tinggi hingga cenderung menyerang tanpa mempertimbangkan risikonya.

"Jika content itu mudzarot ya dihapus sj. Dan ternyata di twitter bnyk akun yg senang saat nemu kekeliruan. Ya monggo. Sy ngetwit sekaligus mengamati & merasakan. Jd mkn terbukti di medsos bnyk org bersemangat utk kritis & cenderung keras serang orang tanpa takut resiko," tulis Henry.

Sebelum dihapus, Henry diketahui mengunggah cuplikan video berisi kekerasan yang dilakukan orang di luar negeri.

Pada kicauannya itu, Henry menulis bahwa terdapat fenomena rasis di Amerika Serikat. Menurut Henry, terdapat tindakan rasial terhadap orang-orang Asia di negeri tersebut.

Video itu, kata Henry, diperolehnya akun Facebook Peter F Gontha. Namun tak lama kemudian, Henry menghapus video tersebut.

"Ada fenomena rasis di AS. Bule benci wajah2 Asia. Ini anak Indonesia di San Diego AS diserang bule. Dia adlh Anton Karundeng, org Menado Surabaya. Si bule  nggal tau kalau Anton jago berantem. Video ini dpt dari FB pak Peter F Gaontha," tulis Henry.

-

Kicauan Henry Subiakto yang sudah dihapus

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X