The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ada Suara Gemuruh, Ternyata Gunung Merapi Keluarkan Guguran
Ilustrasi Gunung Merapi Erupsi. (Twitter/@BPPTKG)
News

Ada Suara Gemuruh, Ternyata Gunung Merapi Keluarkan Guguran

Gunung dalam kondisi status waspada.

Rabu, 15 Juli 2020 23:31 WIB 15 Juli 2020, 23:31 WIB

INDOZONE.ID - Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mengeluarkan guguran para Rabu (15/7/2020) petang. Kabar itu dibenarkan Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida.

"Betul, terjadi guguran pukul 18.29 WIB," kata Hanik Humaida seperti dilansir Antara, di Yogyakarta, Rabu (15/7/2020).

Karena terkendala cuaca, Hanik mengatakan belum bisa memastian lokasi pasti terjadinya guguran. Namun begitu, Hanik memastikan suara guguran itu terdengar dari Pos Pengamatan Merapi Babadan dengan durasi yang tidak tercatat secara pasti.

"Untuk suara guguran tidak tercatat secara pasti," kata Hanik.

Berdasarkan pengamatan BPPTKG pada pukul 18.00 WIB, tercatat sejumlah aktivitas kegempaan di Gunung Merapi yang terdiri atas satu kali gempa multiphase (MP) dan dua kali gempa guguran.

Hingga kini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level II atau Waspada. Sementara, BPPTKG tidak merekomendasikan kegiatan pendakian kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

BPPTKG juga mengimbau warga untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius sejauh tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US