Menkominfo: Hanya 3 Persen Data Center Penuhi Standar Global

- Selasa, 28 Juli 2020 | 23:13 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate. (Photo/ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate. (Photo/ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate menyampaikan bahwa saat ini data center di Indonesia yang memenuhi standar global hanya tiga persen.

"Indonesia memiliki data center cukup banyak, lebih dari 2.700 data center. Kebanyakan tidak memenuhi standar global, hanya tiga persen yang memenuhi," sebut Menkominfo, Senin (27/7/2020).

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa data saat ini belum menggunakan  'Cloud Computing' (masih gunakan TIK Ethernet).

"Hal ini berdampak pada konsolidasi dan interoperabilitas data yang mengakibatkan sulit mengambil keputusan berbasis satu data nasional," ujarnya.

"Pemerintahan Presiden Jokowi menetapkan Indonesia harus miliki satu data nasional untuk memudahkan pengambilan keputusan dalam kebijakan publik," katanya.

Menurutnya, pemerintah tidak secara serius dan bersungguh-sungguh mengalokasikan dana penanggulangan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Akibatnya, dampak melalui program perlindungan sosial terjadi.

"Kita membaca di media bagaimana sulitnya mengimplementasikan perlindungan sosial dari tidak tersedianya satu data, kebijakan yang diambil sulit dilaksanakan karena ternyata sasarannya tidak seperti disampaikan," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X