BMKG Imbau Warga Kendari Tetap Waspada Akan Potensi Hujan Lebat dan Awan Gelap

- Senin, 15 Maret 2021 | 21:20 WIB
Ilustrasi petir (Foto: Pixabay/WikimediaImages)
Ilustrasi petir (Foto: Pixabay/WikimediaImages)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara, menghimbau kepada masyarakat agar waspada dengan potensi hujan lebat.

Kepala Stasiun Meteorologi Kendari, Sugeng, memperingatkan kepada masyarakat daerah sekitar harus terus waspada dengan hujan lebar disertai guntur dan angin kencang pada siang dan malam hari. 

"Diimbau kepada warga yang ada di daerah sekitaran Kampung Salo, Kecamatan Kendari, Baruga, Poasia, dan Abeli untuk lebih waspada. Karena daerah itu sering dilanda hujan deras yang disertai petir maupun angin kencang baik siang maupun sore hari," kata Sugeng saat menghadiri pelatihan 50 potensi SAR di Kendari, seperti dilansir Antara, Senin (15/3/21).

Selain mewaspadai hujan, kata dia, warga juga harus memperhatikan jika ada pertumbuhan awan menjulang tinggi berwarna gelap.

Pasalnya, awan tersebut akan mengeluarkan energi berupa angin kencang yang disertai guntur dan hujan sedang dengan durasi yang tidak lama.

Untuk potensi gelombang tinggi, Sugeng mengungkapkan bahwa hingga satu minggu ke depan masih terpantau aman.

Ia juga menambahkan saat ini, sedang ada monsun angin barat ke angin timur.

"Sekarang ini angin baratnya mulai melemah, tapi angin timurnya belum aktif sehingga satu minggu ke depan tinggi gelombang kurang dari satu meter. Kalau kurang dari satu meter, berarti masih aman untuk perairan sekitar," kata Sugeng.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X