Komjen Gatot Eddy Ditunjuk Jadi Wakil Ketua Pelaksana II Komite PCPEN

- Kamis, 13 Agustus 2020 | 08:47 WIB
Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. (ANTARA/HO Polri)
Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. (ANTARA/HO Polri)

Nama Komjen Pol Gatot Eddy Pramono kembali mencuat setelah sebelumnya ditunjuk sebagai Wakil Ketua Pelaksana II Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (Komite PCPEN). Komjen Gatot dipilih langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Sebelum memilih Komjen Gatot, Erick diketahui lebih dulu memilih Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Wakil Ketua Pelaksana I Komite PCPEN. Setelahnya barubah, Erick menunjuk Komjen Gatot yang saat ini juga sedang menjabat sebagai Wakapolri.

Dalam sambutanya di Polda Metro Jaya Rabu (12/8/2020) kemarin, Komjen Gatot menekankan bahwa Polri memiliki tanggung jawab untuk ikut memotong rantai penyebaran virus corona atau Covid-19. Dengan begitu, sektor kesehatan pulih dan ekonomi bakal menggeliat dan bangkit kembali.

"Ini dikerjakan bersama-sama Polri-TNI dan pemerintah dengan Melakukan langkah-langkah dari persuasi sampai penegakan hukum. Tadi saya sampaikan kepada jajaran, laksanakan tugas dengan serius, tidak ada yang main. Tidak ada kata jenuh untuk Polisi,  ini kegiatan kemanusiaan,” kata Gatot Eddy di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Selain nama Jenderal TNI Andika Perkasa dan Komjen Pol Gatot Eddy, ada beberapa nama lain dari susunan tubuh PCPEN. Anggotanya salah satunya Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) Feri Wibisono, Deputi BPKP Salamat Simanullang, Dirjen Kominfo Ismail MT dan Deputi LKPP Sarah Sadiqa.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo meneken Peraturan Presiden (Perpres) berisi pembentukan komite untuk Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Covid-19. Jika dilihat dari tersebut, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ini memiliki tugas yang berbeda.

Tugasnya yaitu menyusun rekomendasi kebijakan strategis kepada Presiden demi mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia serta pemulihan ekonomi. Dua pimpinan dari tubuh TNI dan Polri itu juga sudah mulai bekerja di Komite PCPEN.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X