Gitanjali Rao Jadi Ilmuwan Termuda Pertama Dinobatkan 'Kid of the Year' Majalah Time

- Sabtu, 5 Desember 2020 | 19:16 WIB
Gitanjali Rao  jadi cover majalah Time (twitter/time)
Gitanjali Rao jadi cover majalah Time (twitter/time)

Ilmuwan muda berusia 15 tahun Gitanjali Rao  menjadi Kid of the Year (Anak Tahun Ini) versi pertama pada majalah Time.

Tak hanya sebagai Kid of the Year, Gitanjali Rao juga tampil menjadi model cover majalah ternama itu.

Ia terpilih dari 5000-an nominasi dari Amerika Serikat. Hal ini terjadi karena Rao menemukan sejumlah teknologi, salah satunya yaitu teknologi yang mampu mengindentifikasi adanya kandungan timbal dalam air minum dan aplikasi yang mampu mendeteksi adanya cyberbullying.

"Kalau aku bisa, kalian juga pasti bisa melakukannya," kata Rao seperti dilansir Antara pada Sabtu (5/12/20).

Dalam sebuah wawancara dengan majalah Time dengan aktris sekaligus aktivis kemanusiaan Angelina Jolie, Rao menyebut dirinya tidak seperti ilmuwan kebanyakan.

"Semua ilmuwan yang kulihat di TV lebih tua, biasanya pria kulit putih," kata Rao.

"Tujuan saya telah benar-benar bergeser tidak hanya dari membuat perangkat saya sendiri untuk memecahkan masalah dunia, tetapi menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama juga. Karena, dari pengalaman pribadi, tidaklah mudah bila Anda tidak melihat orang lain seperti Anda," sambung Rao.

Rao yang berasal dari negara bagian Colorado, AS, mengatakan ada banyak masalah yang perlu diselesaikan.

"Generasi kita menghadapi begitu banyak masalah yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Tapi pada saat yang sama kita menghadapi masalah lama yang masih ada," kata Rao.

"Seperti, kami duduk di sini di tengah pandemi global baru, dan kami juga seperti masih menghadapi masalah hak asasi manusia. Ada masalah yang tidak kami ciptakan tetapi sekarang harus kami selesaikan, seperti perubahan iklim dan cyberbullying dengan pengenalan teknologi," jelas Rao.

Penghargaan dari majalah Time adalah penghargaan terbaru untuk Rao.

Sebelumnya dia menyabet gelar "Ilmuwan top muda Amerika" berkat penemuannya mendeteksi alat tes yang murah dan cepat bisa mengidentifikasi air yang tercemar timbal.

Majalah Time mulai memberikan anugerah "Man of the Year" pada tahun 1927, dan kemudian merevisinya menjadi "Person of the Year".

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X