Google Search Tambah Fitur Cari Lagu dengan Bersenandung, Manfaatkan Google Assistant

- Sabtu, 17 Oktober 2020 | 19:57 WIB
Ilustrasi google. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)
Ilustrasi google. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Google belakangan ini mengumumkan bahwa pihaknya telah menambah di mesin pencari Search agar pengguna bisa mencari lagu hanya dengan bersenandung. Fitur itu nantinya memanfaatkan Google Assistant.

"Di Search On, kami mengumumkan sekarang Google bisa membantu Anda mencari tahu, tidak perlu lirik, nama penyanyi atau nada yang sempurna," kata Manajer Produk Senior Google Search, Krishna Kumar, di laman resmi Google, dikutip INDOZONE, Sabtu (17/10/2020).

Kemudian, untuk memakai fitur tersebut, pengguna bisa membuka aplikasi Google Search kemudian mengetuk ikon mikrofon di bar pencarian. Setelah itu, pengguna hanya perlu mengucapkan "what is this song" atau ketuk "search for a song".

Pengguna hanya perlu bersenandung seperti "lalala" atau "dududu" selama 10 hingga 15 detik. Namun, fitur itu baru tersedia dalam bahasa Inggris untuk sistem operasi iOS dan 20 di Android. Pengguna juga bisa menggunakan Google Assistant dan mengucap "Hey Google, what is this song" kemudian bersenandung.

Di sisi lain, Kumar menjelaskan melodi dalam sebuah lagu ibarat sidik jari, yaitu unik. Ketika Search mendengar senandung, model machine learning akan mengubah audio menjadi rangkaian (sequence) angka yang mewakili melodi lagu tersebut.

Pihak Google juga telah melatih mesin mereka agar bisa mengenali sumber suara, termasuk nyanyian manusia, senandung, siulan dan rekaman di studio. Algoritma machine learning tersebut juga memperhitungkan komponen pendukung, seperti instrumen musik, nada dan warna nada.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X