40 Ribu Desa Terkonfirmasi Telah Menerima BLT Dana Desa

- Sabtu, 23 Mei 2020 | 15:59 WIB
Ilustrasi desa. (Pexels/Tom Fisk)
Ilustrasi desa. (Pexels/Tom Fisk)

Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi mengkonfirmasi, hingga pagi hari ini, Sabtu (23/5/2020), Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa telah tersalur ke 40.086 desa. Itu mencakup 67% dari 59.453 desa yang telah menerima transfer dana desa ke rekening kas desa.

“Kita memang berkejaran dengan dana desa yang tersalur ke desa, agar segera dibelanjakan sebagai BLT Dana Desa. Selama sehari terakhir saja penyaluran BLT Dana Desa telah berlangsung di 3.074 desa," jelas Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar di Jakarta, Sabtu (23/5/2020).

Abdul Halim menjelaskan, sebanyak 4.172.053 keluarga miskin telah mendapatkan BLT Dana Desa. Nilai yang disalurkan mencapai Rp2,50 triliun  

"Dalam sehari terakhir terjadi penambahan penyaluran kepada 369.686 keluarga miskin berupa dana Rp221,81 miliar," jelasnya. 

Adapun desa yang benar-benar siap menyalurkan BLT Dana Desa ditandai telah selesai melakukan musyawarah desa khusus. Wadah demokratis ini dijalankan untuk menetapkan keluarga penerima manfaat (KPM) BLT Dana Desa. Setelah daftar ini diumumkan, langsung dana desa siap dibagikan kepada KPM.

“Sampai hari ini sebanyak 57.899 desa telah melakukan musdes khusus. Ini setara dengan 99% dari desa telah mendapat transfer dana desa. Dalam sehari saja tercatat musyawarah dilakukan 1.159 desa” jelasnya. 

Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi sendiri, disebut Abdul Halim telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mempermudah desa dalam mencairkan dana desa, lalu mempermudah penyaluran BLT Dana Desa kepada warganya. 

Sikronisasi deregulasi dijalankan bersama Kementerian Keuangan. Kementerian Dalam Negeri turut mendukung dengan memfasilitasi para bupati dan walikota yang mengalami kesulitan mempercepatan penyaluran BLT Dana Desa.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X