The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cucu Pendiri NU Meninggal Dunia Diduga Akibat Covid-19, Ini Kata Gugus Tugas
Gus Zaki semasa hidup. (Istimewa)
News

Cucu Pendiri NU Meninggal Dunia Diduga Akibat Covid-19, Ini Kata Gugus Tugas

Hasil rapid test reaktif Covid-19.

Kamis, 02 Juli 2020 13:50 WIB 02 Juli 2020, 13:50 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu cucu pendiri NU KH Hasyim Asy'ari, yakni KH Ahmad Zaki Hadziq (Gus Zaki) meninggal dunia pada Rabu 1 Juli 2020 malam. Diduga Gus Zaki meninggal akibat virus corona (Covid-19).

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang, Budi Winarno mengungkapkan, pihaknya memang belum menerima laporan terkait hasil pemeriksaan medis Gus Zaki, apakah terindikasi terpapar Covid-19 atau tidak.

"Belum ada laporan, barangkali kami masih melakukan koordinasi dengan RSUD Jombang maupun dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) terkait hal ini," ujar Budi saat dikonfirmasi, Kamis (2/7/2020).

Sementara terkait hasil rapid test Gus Zaki yang dinyatakan reaktif sebelum meninggal dunia, kata Budi, pihaknya masih menunggu laporan dari RSUD Jombang.

"Kami belum bisa memberikan keterangan, artinya kepastian apakah beliau (Gus Zaki) kena DB (Demam Berdarah) atau terpapar Covid-19, itu masih dalam pembahasan dari tim RSUD dan Dinkes," tegasnya.

Namun, dia mendapat laporan Gus Zaki telah dimakamkan dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19.

"Untuk meminimalisir dugaan yang tidak - tidak tetap menggunakan protokol kesehatan. Pemulasaran jenazah juga protokol Covid-19," ujar pria yang juga menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Jombang itu.

Perlu diketahui, sebelum meninggal dunia Gus Zaki yang juga Pimpinan Wilayah Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) Nahdatul Ulama (NU) Jawa Timur, sempat menjalani perawatan di RS NU. Namun, karena peralatan medis kurang memadai, pada Rabu pagi Gus Zaki dirujuk ke RSUD Jombang. 

Di RSUD Jombang, Gus Zaki menjalani dua kali rapid test. Tes pertama dinyatakan non-reaktif, namun rapid test kedua yang dilakukan pada Rabu sore ternyata beliau reaktif. 

Kemudian, pada Rabu malam Gus Zaki dinyatakan meninggal dunia dan dimakamkan sesuai protokol kesehatan.(/Ard)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US