Kapolri ke Jajarannya: Kurangi Sikap Arogansi dan Tetap Humanis

- Jumat, 19 Februari 2021 | 19:58 WIB
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. (photo/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. (photo/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengingatkan agar anggota Polri dalam menegakkan hukum harus sesuai atau mempertimbangkan HAM, serta mengurangi sikap arogansi dan tetap humanis.

"Sesuaikan dengan karakteristik masyarakat dan wilayah yang ada.Jika yang dilakukan Polri itu baik maka akan membawa isu yang positif terhadap Polri,” kata Listyo saat memberikan arahan kepada pejabat utama Polda dan Kapolres jajaran Polda di gedung Anton Sudjarwo Mapolda DIY, Jumat (19/2/2021). 

Kapolri menambahkan, Polda telah memilah mana Polsek yang dijadikan lembaga resolusi yang hanya melakukan tugas-tugas pencegahan atau preventif, dan kalau ada masalah diselesaikan dengan cara restoratif.

"Jika tidak bisa boleh dialihkan ke Polres, tetapi harus sesuai aturan-aturan yang ada dan tidak merepotkan masyarakat,” paparnya.

Tak hanya itu, anggota Polri juga dharapkan memaksimalkan tindakan pencegahan, sambang, kunjungan dan memberikan pemecahan masalah agar masalah cepat selesai.

Kepastian hukum yang diberikan oleh Polri tidak selalu dianggap menjadi sebuah keadilan bagi masyarakat, sehingga harus betul-betul diperhatikan.

“Polri juga harus selektif dalam menerapkan UU ITE sehingga polarisasi yang terjadi di masyarakat dapat dihilangkan. Virtual Police diharapkan dapat betul-betul diberikan dengan modifikasi dari rekan-rekan sehingga menarik dan tidak membosankan dan dapat diterima,” jelasnya. 

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X