Kemampuan Hebat Burung Dibandingkan dengan Manusia

- Kamis, 24 Oktober 2019 | 16:32 WIB
Pexels
Pexels

Setiap makhluk hidup diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing. Salah satu makhluk hidup yang memiliki kedekatan dengan manusia ialah hewan.

Sama seperti dengan manusia yang terlahir dengan kemampuan berbeda-beda, hewan juga memiliki kemampuan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Misalnya saja, ular yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi keberadaan mangsanya lewat sinyal panas inframerah yang dimilikinya.

-
pixabay

Hewan seperti kuda dan zebra juga memiliki kelebihan yaitu mata yang bisa mengarah kesamping. Dengan begini, mereka bisa mendeteksi bahaya yang mengintai. Dari banyaknya hewan yang ada di muka bumi ini, burung menjadi hewan yang paling menonjol di antara hewan yang lainnya.

Burung menjadi salah satu makhluk hidup yang memiliki kemampuan unik. Taukah kamu bahwa penguin hanya bisa mengenali rasa asin dan asam saja? Atau burung Palila yang berasal dari Hawai, pemakan biji tanaman mamane yang mengandung racun. Di mana racun ini dengan mudah membunuh binatang kecil lainnya.

-
Pixabay

Atau sudahkah kamu tau bahwa burung merpati memiliki kemampuan mendeteksi warna dengan baik daripada binatang lainnya yang ada di bumi? Ini lah alasan kenapa burung merpati kerap digunakan dalam misi pencarian dan penyelamatan. Unggas yang ada di muka bumi ini memiliki kemampuan unik yang berbeda-beda. Salah satu kemampuan unik dan mengagumkan dari burung ialah indra penglihatannya. Bahkan indra milik burung disebut-sebut lebih baik daripada manusia.

-
Klaus Schmitt/boredpanda

Dalam sebuah grafik memperlihatkan perbandingan rentang spektral manusia dengan burung. Dari grafik tersebut terlihat bahwa burung adalah hewan tetrachromats, yaitu kondisi di mana mata bisa membedakan empat kanal warna yang berbeda, atau memiliki empat jenis sel kerucut yang berbeda pada matanya. Burung dapat melihat warna UV, biru, hijau dan merah.

Sedangkan manusia adalah trichromats, yaitu kondisi di mana mata hanya bisa membedakan tiga kanal warna atau memiliki tiga jenis sel kerucut yang berbeda pada matanya. Mata manusia hanya bisa mengenal tiga warna yaitu biru, hijau dan merah. Misalnya saja pada sebuah ranting pohon yang dilengkapi dengan daun dan buah. Mata manusia hanya melihat dedaunan tersebut berwarna hijau dengan buah berwarna kuning, sedangkan burung melihat dedaunan itu dengan warna magenta UV.

-
Cynthia Tedore/boredpanda

Seorang ahli burung bernama Joe Smith mengatakan bahwa burung memiliki kemampuan luar biasa untuk melihat seluruh spektrum warna yang tak terlihat oleh manusia. Tahun 2007, para ilmuwan dengan bantuan spektrofotometer menganalisis warna-warna dari 166 burung di Amerika Utara. Penelitian ini melibatkan burung-burung yang secara fisik tidak memiliki perbedaan yang mencolok terkait dengan jenis kelamin.

-
Boredpanda

Saat ditunjukkan kepada manusia, mereka mengatakan bahwa 92% burung tersebut sangat mirip. Padahal, sebenarnya burung-burung ini memiliki warna tersendiri yang membedakan jenis kelaminnya, dan warna ini hanya bisa dilihat oleh burung saja. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa burung-burung tersebut memiliki warna yang tidak dapat terdeteksi oleh mata manusia.

Selain berkaitan dengan kemampuan indra penglihatan, para ilmuwan juga meneliti bahwa burung akan menjaga teritorial wilayahnya dari serangan burung lain. Dan akan selalu menjaga betinanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X