39 Tahun Selalu Ziarah, Ternyata Pria Ini Salah Makam

- Sabtu, 19 Oktober 2019 | 15:57 WIB
LIANHE WANBAO/Straits Times
LIANHE WANBAO/Straits Times

Berziarah ke makam nenek sudah menjadi kebiasaan Marn Chuan Lee. Ia bahkan sudah melakukan ini selama 39 tahun.

Marn akan datang ke makam neneknya setiap tiga bulan sekali. Ia akan membersihkan dan merapikan makam tersebut. Bahkan Marn sampai memasang lampu taman di makam neneknya yang berada di Pemakaman China Choa Chu Kang Singapura.

Namun pria yang kini berusia 50 tahun itu terkejut saat mengetahui bahwa selama ini ia telah berziarah di makam yang salah. Marn baru menyadari hal ini setelah menemukan boneka mainan, pensil warna, dan kalung saat makam tersebut dibongkar bulan Agustus lalu.

"Saya pikir ini sudah gila. Rasanya seperti ada orang yang menculiknya dan kami tidak tahu di mana dia berada," ujar Marn.

Marn kemudian melaporkan temuannya tersebut ke Badan Lingkungan Nasional (NEA). Tanggal 2 Oktober, badan tersebut lalu menggali dua kuburan yang tidak diketahui pemiliknya yang letaknya bersebelahan dengan makam nenek Marn.

-
LIANHE WANBAO/tnp.sg

Pihak dari NEA mengatakan bahwa ada batu nisan yang terpasang tak selaras. Hal inilah yang menyebabkan batu nisan lainnya berdekatan dan sulit untuk ditandai. Sementara kuburan yang letaknya berdekatan berisi barang-barang pria. Tidak ada satupun barang milik nenek Marn yang ditemukan.

Marn baru berhasil menemukan makam neneknya pada tanggal 11 Oktober, setelah tim NEA membongkar lima makam lainnya. Juru bicara dari NEA mengatakan pada 39 tahun yang lalu ada sebuah keluarga yang tidak mendirikan batu nisan. Hal ini berdampak pada sembilan makam lainnya.

-
Geograph

Sejak saat itulah, Marn memilih untuk mengkremasi jenazah neneknya. Namun ia merasa takut bila harus menyimpan abunya di krematorium. Ia takut abu neneknya tertukar dengan jenazah yang lain.

Marn akhirnya memutuskan untuk menyimpan abu neneknya di rumahnya, sambil menunggu waktu untuk menempatkan abu tersebut di klenteng.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X