Kebakaran Hutan dan Lahan Merajalela, Jokowi Keluarkan Perintah

- Sabtu, 14 September 2019 | 16:08 WIB
Petugas sedang memadamkan api kebakaran lahan gambut di Pekanbaru, Riau, Sabtu (14/9). (Antara/Rony Muharrman)
Petugas sedang memadamkan api kebakaran lahan gambut di Pekanbaru, Riau, Sabtu (14/9). (Antara/Rony Muharrman)

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda beberapa daerah di Indonesia. Situasinya saat ini sudah sangat mengkhawatirkan.

Presiden Joko Widodo langsung ambil tindakan. Orang nomor satu di Indonesia ini memerintahkan pihak terkait untuk berkoordinasi menangani masalah karhutla, Jumat (13/9) malam.

Jokowi menghubungi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. 

Perintah Jokowi langsung direspons. Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau Hujan Buatan di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. 

"Sabtu (15/9) kami tambah pesawat untuk menebar garam langsung 3,5 ton sekaligus dengan pesawat CN-295," ujar Hadi dalam situs resmi Sekretariat Kabinet RI. 

Hadi mengaku sudah turun langsung ke lapangan untuk meninjau lokasi karhutla. Dia didampingi Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X