Wapres Pimpin Rapat Koordinasi Bahas Radikalisme dan Terorisme

- Kamis, 9 Januari 2020 | 12:59 WIB
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin memimpin Rapat Koordinasi Penanggulangan Radikalisme dan Terorisme bersama pimpinan kementerian/lembaga di kantor Wakil Presiden, Rabu (9/1/2020).

Rapat ini membahas tindaklanjut penanganan radikalisme melalui pendidikan dan penanggulangan radikalisme di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pada kesempatan itu, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengungkapkan Ma'ruf Amin memberikan arahan kepada seluruh kementerian/lembaga untuk menangani serta manggulangi radikalisme dan terorisme.

“Rapat membahas radikalisme. Beliau (Wapres) menginginkan semua Kementerian/Lembaga menyusun langkah-langkah pemecahan, penanganan dan penanggulangan radikal terorisme. Ke depan harus komprehensif dari masing-masing kementerian,” kata Fachrul dalam keterangan resminya.

Lanjut Fachrul,  pihaknya akan lebih menitikberatkan pada pengarusutamaan moderasi kehidupan beragama. Dengan pendekatan yang konservatif agar lebih moderat, tidak liberal. 

"Ya sedang-sedanglah. Intinya masing-masing ingin menyatukan NKRI,” katanya.

Menkopolhukam Mahfud MD menambahkan, semua kementerian/lembaga terkait sedang menyiapkan dan mematangkan kembali langkah-langkah penanggulangan radikalisme, dari hulu sampai ke hilir. 

"Radikal terorisme, selama ini ada yang curiga itu untuk agama tertentu, padahal tidak. Radikalisme itu untuk semua agama yang menyalahi ajaran agamanya,” kata Mahfud.

Mahfud menambahkan, radikal terorisme itu dimulai dari sikap menyalah-nyalahkan orang lain, bersikap sadis, dan bahkan terselubungnya perang wacana yang masuk ke sekolah-sekolah, perguruan tinggi dan berbagai institusi lainnya. Intinya sikap intoleransi.

“Setiap jenis intoleransi akan memunculkan terorisme. Penyebabnya berbeda-beda, ang terpenting setiap Kementerian punya tugas masing-masing. Kami akan saling mengkoordinasikan dari semua kementerian/lembaga,” kata Mahfud.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X