Kemendag Janji Tidak Ada Gejolak Harga Jelang Natal dan Tahun Baru

- Rabu, 27 November 2019 | 12:13 WIB
Sekjen Kementerian Perdagangan Oke Nurwan (ketiga kiri) melakukan pemantauan ketersediaan harga bahan pokok, Selasa (26/11/2019). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nz).
Sekjen Kementerian Perdagangan Oke Nurwan (ketiga kiri) melakukan pemantauan ketersediaan harga bahan pokok, Selasa (26/11/2019). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nz).

Kementerian Perdagangan (Kemendag), meminta pelaku usaha tidak menaikkan harga secara tidak wajar dan menimbun barang jelang Natal dan Tahun Baru.

"Pemerintah pusat dan daerah akan meningkatkan pengawasan secara terpadu, bila diperlukan bekerja sama dengan aparat keamanan,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Oke Nurwan dalam keterangannya, Rabu (27/11). 

Menteri Perdagangan, kata ia, telah memberikan arahan segera melakukan langkah antisipasi menjelang natal 2019 tahun baru 2020, mewaspadai tantangan terkait kondisi kekeringan ekstrim, dan menjaga kelancaran pasokan ke masyarakat dan keterjangkauan harga di pasar. 

Kemendag akan terus melakukan pemantaun lapangan di 15 daerah pantauan hingga minggu ke-2 Desember 2019. Dengan daerah pantauan utama yaitu Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua, dan Papua Barat sebagai daerah yang mayoritas masyarakatnya merayakan Natal. 

"Menyambut natal 2019 dan tahun baru 2020, pemerintah siap menjamin stabilisasi harga dan ketersediaan pasokan dalam menghadapi hari besar keagamaan nasional," katanya.

Pemerintah, kata ia, bakal melakukan upaya antisipasi melalui pemantauan harga dan pasokan di pasar dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

"Ini agar pada Natal dan Tahun Baru, tidak ada gejolak harga," katanya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X