Kemenhub: Seluruh Perjalanan Kereta Api Dibatalkan hingga 31 Mei  2020

- Kamis, 23 April 2020 | 20:28 WIB
Penumpang kereta api tengah berada di peron stasiun (Instagram/@keretapikita)
Penumpang kereta api tengah berada di peron stasiun (Instagram/@keretapikita)

Menekan angka kasus virus corona di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang masyarakat mudik. Dengan alasan itu, pihak moda transportasi pun mulai mengambil langkah. Salah satunya, yang dilakukan PT. Kereta Api Indonesia (KAI).

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri memastikan, seluruh jadwal perjalanan Kereta Api (KA) di wilayah Jabodetabek, termasuk KA lokal, dibatalkan hingga 31 Mei 2020.

Meenurutnya, hal itu sebagai bagian dari kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Pengaturan KA antar kota, perkotaan dan KA Lokal antar kota dibatalkan keseluruhan hingga 31 Mei 2020," ujar Zulfikri dalam video confference hari ini, Kamis (24/4/2020).

-
Penumpang kereta api yang baru turun melewati peron stasiun. (Instagram/@keretapikita)

Adapun mengenai tiket yang sudah terlanjur dibeli, Zulfikri sudah meminta kepada PT KAI untuk bisa melakukan pengembalian (Refund) tiket secara keseluruhan, dengan mekanisme yang telah diatur.

"Tiket yang sudah dipesan, wajib dikembalikan 100% oleh operator," tegasnya.  

Sementara itu untuk kereta api pengangkut barang dan logistik, dipastikan tetap beroperasi. Sementara itu untuk pelayanan KA diluar daerah Jabodetabek, akan disesuaikan dengan PSBB setempat.  

"Untuk pengendalian di stasiun, akan disesuaikan dengan Permenhub," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X