Kostrad dan Australian Army Gelar Serbuan Mekanis

- Jumat, 22 November 2019 | 11:19 WIB
Perjunan personel TNI AD dan Australian Army. (Dispenad)
Perjunan personel TNI AD dan Australian Army. (Dispenad)

Belasan prajurit dari Kostrad dari Brigif Mekanis Raider 6, Divisi Infanteri 2/Kostrad TNI AD, bersama personel 1st Brigade Australian Army, melakukan serbuan taktis dengan cara rappeling dari Helikopter Bell TNI AD yang melakukan hovering.

Setelah para personel berhasil diturunkan, unit kavaleri menggerakan 4 unit kendaraan lapis baja, yakni 2 unit M113 armored personnel carrier dan 2 unit Bushmaster protected mobility vehicle untuk melindungi pergerakan pasukan, dalam penyerbuan ke perkubuan musuh di kawasan Baluran, Jawa Timur. 

Tak perlu waktu lama, personel gabungan TNI AD dan Australian Army berhasil mengalahkan musuh dalam penyerbuan kali ini, yang mengutamakan manuver alat tempur dan serangan mekanis. Tidak ada korban jiwa dan luka-luka dari personel TNI AD maupun Australian Army. 

-
(Dispenad)

 

Penyerbuan mekanis di atas merupakan bagian dari puncak Latihan Bersama Wirra Jaya Ausindo 2019, antara TNI AD Indonesia dengan Australian Army yang ditutup pada Kamis (21/11) kemarin, oleh KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, didampingi Australian Chief of Army Lieutenant General Richard Maxwell Burr. 

"Jenderal TNI Andika Perkasa dan Lieutenant General Richard Maxwell Burr sama-sama berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kerja sama Indonesia dan Australia. Kegiatan ini diikuti 184 prajurit TNI AD dari Brigif Mekanis Raider 6, Divisi Infanteri 2/Kostrad serta 100 prajurit dari 1st Brigade Australian Army," jelas Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Candra Wijaya dalam keterangan tertulisnya. 

Lebih jauh ia menerangkan, latihan yang dihelat di Markas Komando Pusat Latihan Tempur (Mako Puslatpur) 5 Marinir, Baluran, Jawa Timur ini merupakan yang ke-8 kalinya oleh TNI AD dan Australian Army. Penyelenggaraannya setiap tahun dan bergantian. Tahun lalu, latihan ini dihelat di Australia

-
(Dispenad)

 

"Latihan yang menjadi semacam tradisi yang mencerminakan komitmen persahabatan kedua negara dan kedua Angkatan Darat ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan persahabatan di antara seluruh pesertanya, seperti yang diharapkan oleh KSAD," tandasnya.

Sementara itu, Chief of Army Lieutenant General Richard Maxwell Burr berharap, selain mempererat persahabatan, latihan bersama ini juga bisa meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan keamanan kedua negara.

"Lewat latihan bersama ini, tentu saya berharap bisa meningkatkan kerja sama Indonesia dengan Australia, untuk terbentuknya stabilitas keamanan di kawasan Indo Pasifik," ujar Richard Maxwell Burr.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X