Densus 88 Tangkap 1 Teroris JI di Magetan, Perannya sebagai Penghubung Internasional

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 20:00 WIB
Ilustrasi Teroris (Freepik)
Ilustrasi Teroris (Freepik)

Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror (Densus 88 AT) Polri melakukan penangkapan terhadap satu teroris di Magetan, Jawa Timur pada hari ini. Satu teroris ini memiliki peran sebagai penghubung internasional jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

"Densus 88 Antiteror Polri telah melakukan penangkapan terhadap satu tersangka tindak pidana terorisme dari jaringan JI berinisial RY alias D hari Selasa, 2 Agustus 2022 tadi pagi pukul 08.13 di Jalan Raya Magetan, Jatim," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Ramadhan mengungkap peranan dari RY dalam jaringan teroris JI. Dia menyebut RY berperan sebagai penghubung internasional dan sudah keluar negeri.

Baca Juga: Peran Mahasiswa Malang yang Ditangkap Densus 88 Terkait Teroris, akan Serang Kantor Polisi

"Keterlibatannya adalah pada tahun 2013 mengikuti seleksi anggota hubungan internasional JI dan melakukan perjalanan ke Suriah melalui Dubai untuk membuka jalur hubungan dengan Free Syrian Elme dan bergabung di pelatihan militer," kata Ramadhan.

"Kedua, merupakan anggota bidang hubungan internasional JI dan di tahun 2015 melakukan perjalanan kembali ke Suriah melalui Istanbul untuk membangun hubungan dengan Jabah Musrok. Pada saat di Suriah yang bersangkutan ditahan oleh kelompok militer ISIS. Kemudian yang bersangkutan juga mempunyai koneksi langsung ke Yaman dalam membuka jalur hubungan JI dengan Al Qaeda untuk melakukan pelatihan militer di Suriah kemudian yang bersangkutan pernah berkomunikasi dengan Dulmatin di Magetan," sambungnya.

Kekinian, Densus 88 Polri masih mendalami jaringan ini. Terduga teroris RY pun juga masih menjalani pemeriksaan secara intensif.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X