KPK Periksa Wakil Bupati Lumajang Terkait Suap Bantuan Keuangan Provinsi Jatim

- Rabu, 23 November 2022 | 13:19 WIB
Ilustrasi logo KPK (Antara/Benardy Ferdiansyah)
Ilustrasi logo KPK (Antara/Benardy Ferdiansyah)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati Masdar. Dia bakal diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap terkait pengalokasian anggaran Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Timur pada periode 2014-2018.

Indah akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan atas tersangka mantan Komisaris Bank Jatim Budi Setiawan.

"Pemeriksaan dilakukan di Kantor Polres Tulungagung, Jl. Ahmad Yani Timur No. 9, Bago, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur atas nama Indah Amperawati, Wakil Bupati Lumajang," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu (23/11/2022).

Selain Indah, tim penyidik juga bakal memeriksa Hadi Mulyono selaku Kepala Bappeda Kabupaten Jember, kemudian Mukhtar Matruhan selaku wiraswasta dan seorang PNS bernama Didid Mardiyanto.

Sebelumnya, KPK memeriksa mantan Gubernur Provinsi Jawa Timur, Soekarwo. Saat itu, tim penyidik mencecar Soekarwo terkait proses pemberian bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) ke kabupaten dan Kota di Jatim.

Baca Juga: Usut Suap Rektor Unila, KPK Periksa Anggota DPR dan Dua Bupati di Lampung

Sukarwo diperiksa pada Selasa, 8 November 2022 dalam kasus dugaan suap terkait pengesahan APBD dan Bantuan Keuangan Provinsi di Pemkab Tulungagung dengan tersangka mantan Komisaris Bank Jatim Budi Setiawan.

"Dikonfirmasi terkait dengan proses pemberian bantuan keuangan dari Pemprov Jatim ke kabupaten maupun kota," kata Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu (9/11/2022).

Baca Juga: KPK Tetapkan AKBP Bambang Kayun Tersangka Dugaan Suap dan Gratifikasi

Selain kepada Soekarwo, materi pertanyaan  yang sama juga dikonfirmasi kepada mantan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Ahmad Sukardi.

Tak hanya itu, Soekarwo dan Sukardi juga didalami soal tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Provinsi Jawa Timur.

"Kedua saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan tupoksi dari TAPD di Pemprov Jatim," ungkap Ali Fikri.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X