EKSKLUSIF! OPM Akui Bakar SMKN 1 Oksibil Papua, Ternyata Begini Alasannya

- Selasa, 10 Januari 2023 | 09:52 WIB
SMKN 1 Oksibil Papua dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). (Dok Polda Papua)
SMKN 1 Oksibil Papua dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). (Dok Polda Papua)

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) atau yang kerap disebut sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) oleh TNI-Polri membenarkan jika pasukan mereka sudah menembak pesawat dan membakar bangunan SMKN 1 Oksibil di Pegunungan Bintang, Papua. Aksi ini rupanya bukan tanpa alasan.

"Telah terima laporan resmi dari pimpinan TPNPB KPDAP XXXV Bintang Timur yang mana mereka laporkan telah melakukan aksi serangan terhadap musuh yaitu militer dan polisi Indonesia di Oksibil, Papua dan berhasil bakar Gedung SMKN 1 di Oksibil," kata Juru Bicara TPNPB OPM, Sebby Sambom kepada Indozone, Selasa (10/1/2023).

Selain aksi pembakaran gedung sekolah, Sebby juga mengamini pihaknya melakukan penembakan terhadap pesawat di Bandara kemarin. Rupanya, aksi mereka bukan tanpa alasan.

Sebby mengungkap tindakan ini dilakukan setelah sebelumnya pihaknya memberikan ultimatum kepada para imigran untuk keluar dari wilayah Oksibil, Pegunungan Bintang. Dinilai imigran tetap ada, TPNPB melakukan aksi terornya.

Baca Juga: IPW Minta Polri Periksa Atasan Aiptu AR, Polisi yang Jual Istri ke Rekan Kerja

"Kami sampaikan kepada Pemerintah Indonesia bahwa segera angkat kaki dari wilayah kami karena kami sudah beritahukan hal ini sebelumnya juga melalui berbagai media," beber Sebby Sambom.

Lebih jauh OPM memberikan ancaman keras terkait hal ini. Mereka mengancam akan kembali melakukan aksi teror jika wilayah Oksibil, Papua tidak dikosongkan.

"Warga imigran Indonesia yang ada di Kabupaten Pegunungan Bintang segera tinggalkan wilayah kami. Jika anda tidak mengindahkan peringatan kami, maka anda akan menjadi makanan kami TPNPB," kata Sebby.

Baca Juga: Bikin Merinding! Begini Fakta-fakta Sejoli yang Tewas di Hotel Ciputat

"Sekali lagi kami mengimbau kepada semua orang Imigran untuk kosngkan tanah air kami dan jika anda masih beraktifitas di wilayah kami makan kami akan bunuh," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Senin (9/1/2023) kemarin sebuah pesawat di Bandara Oksibil ditembak oleh KKB. Pesawat itu pun mengalami kerusakan.

Pada hari yang sama, Polda Papua mengamini jika bangunan SMKN 1 Oksibil ludes dilahap sijago merah karena dibakar. Pelaku pembakaran tidak lain disebut polisi adalah KKB.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X