Duh! Usia Hampir 500 Tahun tapi 15 Kelurahan di Jakarta Ini Belum Punya Puskesmas

- Kamis, 23 Juni 2022 | 20:23 WIB
Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi DKI Jakarta mengikuti upacara HUT ke-495 Kota Jakarta di kawasan Monas. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi DKI Jakarta mengikuti upacara HUT ke-495 Kota Jakarta di kawasan Monas. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Idris Ahmad mengungkapkan masih ada 15 kelurahan yang belum memiliki puskesmas. Hal itu disayangkannya, padahal usia ibu kota sudah berusia 495 tahun.

Idris pun mengkritisi kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang belum bisa memberikan akses kesehatan yang terjangkau kepada seluruh warganya.

"Masih ada 15 Kelurahan di DKI Jakarta belum punya puskesmas sehingga menghambat akses kesehatan warga Jakarta," ucap Idris dalam keterangannya, Kamis (23/6/2022).

Kendati demikian, ia mengakui kalau tidak mudah dalam membangun puskesmas di setiap kelurahan memang cukup berat, terutama dalam hal menyediakan lahan untuk membangun pelayanan kesehatan itu.

"Memang tidak mudah memenuhi kebutuhan layanan kesehatan ini, tapi jika ada komitmen dan keberpihakan saya yakin hal ini dapat tercapai. Intinya harus ada target dan komitmen," terangnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Jakarta Tengah Melonjak, Anies Bakal Lakukan Pengetatan Kegiatan?

Maka dari itu, Idris pun meminta agar pembangunan puskesmas di 15 kelurahan ini harus masuk dalam perencanaan agar bisa jadi prioritas penganggaran. Apalagi, Jakarta akan memasuki usia 500 tahun dalam 5 tahun ke depan.

"Harus masuk dalam perencanaan agar ada dorongan dan prioritas untuk pembangunan puskesmas ini. Beberapa tahun ke belakang kita selalu terhambat karena alasan kekurangan anggaran atau masalah terbatasnya lahan," ungkap Idris.

"Makanya penting ini masuk perencanaan agar ada target dan dorongan. Jangan sampai saat Jakarta berumur 500 tahun nanti, masalah pelayanan kesehatan dasar belum terpenuhi," tandasnya

Berikut adalah daftar 15 kelurahan yang belum punya puskesmas:

1. Kelurahan Duri Selatan
2. Kelurahan Glodok
3. Kelurahan Jembatan Lima
4. Kelurahan Tangki
5. Kelurahan Gambir
6. Kelurahan Gondangdia
7. Kelurahan Gunung Sahari Selatan
8. Kelurahan Karang Anyar
9. Kelurahan Kebon Kacang
10. Kelurahan Kemayoran
11. Kelurahan Senen
13. Kelurahan Cipedak
14. Kelurahan Karet Semanggi
15. Kelurahan Kebayoran Lama Selatan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X