Gembok Motor Baru Rusak, Warga Jaksel Ini Minta Tolong ke Damkar

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 16:10 WIB
Motor warga Jakarta Selatan yang gemboknya rusak (kiri), petugas pemadam kebakaran (kanan). (Dok. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta/Instagram/@humasjakfire)
Motor warga Jakarta Selatan yang gemboknya rusak (kiri), petugas pemadam kebakaran (kanan). (Dok. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta/Instagram/@humasjakfire)

Selain memadamkan api, petugas pemadam kebakaran (damkar) kerap dimintai pertolongan yang aneh-aneh oleh masyarakat, salah satunya seperti yang terjadi di Setia Budi, Jakarta Selatan. Seorang warga meminta bantuan damkar untuk membukakan gembok motor barunya.

Hal ini juga sempat viral di media sosial di mana akun Instagram @humasjakfire membagikan informasi tersebut. Dalam foto yang diunggah, terlihat sebuah motor dengan keadaan terkunci pada bagian rem cakram, hingga tangkapan layar pesan DM dari pemilik motor ke akun Instagram damkar.

"Min damkar mohon maaf, apa boleh minta tolong? gembok cakram motor saya rusak di posisi masih mengunci cakram motornya, apakah bisa membantu saya hari sabtu besok untuk membuka gemboknya min? Terima kasih ya min sebelumnya, jika tidak bisa tidak apa2 min, makasih sekali lagi ya maaf ngerepotin," tulis pemilik motor dalam tangkapan layar yang diposting akun @humasjakfire, Sabtu (18/6/2022).

Baca Juga: Viral Xpander Hajar 3 Motor dan 2 Pedagang di Jakpus, Begini Kronologinya

Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Mulat Wijayanto membenarkan hal tersebut. Dia menyebut pemilik motor yang bernama Ridho kebingungan saat gembok motornya tidak berfungsi pada Jumat, 17 Juni 2022 kemarin.

"Bapak Ridho berencana ingin berkendara dengan motor barunya, tapi terkendala kunci disc cakram belakang gemboknya tidak bisa dibuka, rusak dan sudah mencoba untuk dibuka namun gagal. Dalam kebingungan akhirnya Bapak Ridho menuliskan permohonan bantuan kepada tim damkar melalui aplikasi media sosial dan direspon oleh admin dinas damkar," kata Mulat.

Alhasil, tiga orang petugas damkar dikerahkan untuk membantu membuka gembok tersebut. Tak sampai 5 menit, personel damkar berhasil mengatasi masalah.

"Penanganan menggunakan peralatan rescue combytool dengan perhitungan tepat, akhirnya gembok disc motor tersebut berhasil dibuka dengan aman tidak sampai lima menit," pungkas Mulat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X