Imbas Banyaknya Kecelakaan, Cak Imin Desak Jam Operasional Truk Besar Diubah

- Kamis, 1 September 2022 | 12:03 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (kanan). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (kanan). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menyoroti peristiwa kecelakaan maut truk trailer yang menabrak tiang telekomunikasi di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (31/8/2022).

Menurut Muhaimin, kecelakaan yang disebabkan truk besar bukan kali ini saja terjadi. Ia mengingatkan sejumlah kecelakaan truk besar yang merenggut puluhan nyawa tak berdosa menjadi peringatan bagi semua pihak.

"Ingatan kita tentu belum kering saat kecelakaan yang melibatkan truk besar di Balikpapan, lalu di Cibubur, ini kejadian lagi di Bekasi. Banyak nyawa nggak berdosa melayang lho. Ini tentu warning untuk kita semua, untuk pemerintah, pemilik truk dan para supir," ujar Muhaimin dalam siaran persnya, Kamis (1/9/2022).

Baca Juga: Dari 10 Korban Kecelakaan Maut Bekasi, 7 Diantaranya Anak SD

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini kemudian mendesak  agar pemerintah, khususnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meninjau ulang waktu operasional truk besar. Ia mengusulkan operasional truk besar dibatasi dari jam 22.00 sampai jam 05.00, sebab waktu tersebut relatif sepi dari aktivitas warga.

"Jadi saya minta pemerintah, Kemenhub dan pihak terkait segera mengevaluasi jam operasional truk besar, terutama di kawasan padat,” ungkap Cak Imin.

“Coba misalnya jam operasionalnya diatur malam, jam 10 malam sampai jam 5 pagi. Saya kira ini bisa dipertimbangkan, disamping pengecekan kondisi truk secara berkala," tambah Cak Imin.

Sebelumnya, kecelakaan maut terjadi di Jalan Sultan Agung, Kranji, Kota Bekasi siang, Rabu (31/8/2022). Sebuah truk trailer menabrak halte di dekat sekolah dasar (SD) hingga tiang listrik.

Kecelakaan yang viral di media sosial ini juga melibatkan kendaraan lain. Bahkan, ada mobik truk yang tertimpa tiang tersebut.

“"Sungguh sangat prihatin, kita turut berduka dengan kecelakaan yang merenggut nyawa warga, termasuk anak-anak SD. Kita doakan seluruh korban husnul khatimah,"tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X