NasDem Buka Peluang Koalisi dengan Demokrat dan PKS

- Senin, 19 September 2022 | 20:58 WIB
Logo Partai Nasdem. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)
Logo Partai Nasdem. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)

Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya, mengungkapkan kalau pihaknya berpeluang besar untuk berkoalisi dengan Partai Demokrat dan PKS. Menurutnya, peluangnya mencapai 80%, namun masih ada sejumlah hal yang menjadi kendala di dalam membangun koalisi.

"Peluangnya ya sejauh ini komunikasi baguslah. Bisa jadi (sudah 80%), kalau kesepakatan beberapa hal terpenuhi, di sanalah kemudian seni diplomasinya materi yang dinegosiasikan ya tentu ada beberapa hal yang terus menerus dibicarakanlah,” kata Willy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/9/2022).

Sejauh ini, komunikasi antara NasDem, Demokrat, dan PKS disebut Willy sangat bagus. Dia juga membeberkan alasan yang masih jadi kendala antara ketiga partai. Salah satunya lantaran ketiga partai belum pernah berkoalisi sebelumnya.

Baca Juga: Anies Ngaku Siap Jadi Presiden, Nasdem Sebut Menarik: Ada Keberanian dan Kejujuran

“Satu, kami belum pernah bekerja sama sebelumnya, tentu ini nggak bisa kawin paksa kan, tentu proses pembangunan chemistry di dua ranah, ranah antarpartai, ranah antara kandidat dengan partai, itu tidak sederhana itu,” tutur Willy.

Willy memaparkan bahwa pada prinsipnya, NasDem tak hanya sekedar menawarkan kandidat capres saja ke calon rekan koalisinya. Namun juga membangun peta jalan politik kebangsaan.

“Prinsipnya NasDem ingin tawarkan tidak hanya kandidat, tapi juga sekaligus proses bagaimana kita memiliki peta jalan, road map, untuk keluar dari fragmentasi yang ada,” tutur Willy.

Baca Juga: Heboh Kabar NasDem akan Umumkan Anies Jadi Capres 10 November

“Jadi it is not only about person, kita selalu simplify itu pada orang-orang, itu cara berpikir politik yang Pak Surya lakukan dan ajarkan pada kami. Kenapa beliau di rakernas bicara politik kebangsaan?” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X