Jakarta Bakal Diguyur Hujan Lebat, Kedubes AS Lakukan Antisipasi

- Rabu, 8 Januari 2020 | 11:13 WIB
Ilustrasi hujan. (PIxabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi hujan. (PIxabay/PublicDomainPictures)

DKI Jakarta dan daerah sekitarnya diprediksi diguyur hujan lebat luar biasa Minggu Minggu 12 Januari 2020. Hal tersebut disampaikan Kedutaan besar Amerika Serikat untuk Indonesia dalam situs resminya, Senin (6/1/2020).

"Mengantisipasi badai dan angin kencang dengan kemungkinan banjir, tanah longsor, pemadaman listrik, dan kondisi perjalanan yang sulit di seluruh wilayah," tulis situs usembassy.gov tersebut.

Dalam pengumumannya, Kedubes AS meminta warganya yang di Indonesia, terutama di Jakarta segera daftarkan diri, dalam Program Pendaftaran Pelancong Cerdas (LANGKAH) untuk menerima pembaruan keamanan. 

Menanggapi hal itu, Tim Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) BPPT bakal bekerja 24 jam untuk meminimalisir dampak hujan lebat tersebut.

"Diperkirakan curah hujan rata-rata wilayah Jabodetabek sekitar 50-100 mm. Tidak akan selebat hujan 31 Desember sampai 1 Januari lalu. Tapi berpotensi mengakibatkan genangan atau banjir di sejumlah titik," kata Kepala BBTMC BPPT Tri Handoko Seto dalam keterangannya, Rabu (8/1/2020).

Selain itu, Tri Handoko menyebut BMKG melalui Deputi Meteorologi juga telah merilis prakiraan cuaca.

Ia mengatakan, dalam sepekan ke depan, akan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat disertai petir/kilat dan angin kencang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X