ASN Harap Bersabar, Gaji Ke-13 dan THR Belum Diputuskan Jokowi
Sejumlah ASN mengikuti simulasi gerakan cuci tangan pada sosialisasi pencegahan virus Corona lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (ANTARA/Adeng Bustomi)
News

ASN Harap Bersabar, Gaji Ke-13 dan THR Belum Diputuskan Jokowi

Anggaran sudah tersedia.

Rabu, 08 April 2020 14:14 WIB 08 April 2020, 14:14 WIB

INDOZONE.ID - Para Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk TNI dan Polri sepertinya masih harus bersabar soal keputusan kabar bahagia tentang rencana pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13. 

Pasalnya, meski anggaran sudah tersedia namun Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga saat ini belum memutuskan soal kebijakan tersebut. 

Hal ini semakin membuat gelisah para ASN, sebab santer diberitakan bahwa nasib gaji ke-13 dan THR bagi ASN itu terancam tidak jadi diberikan lantaran defisit anggaran yang melebar dan juga adanya realokasi untuk penanganan wabah corona. 

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani mengkonfirmasi bahwa memang saat ini belum ada keputusan resmi dari pemerintah untuk kebijakan tersebut. 

"Mengenai kebijakan THR dan gaji ke-13 lagi direview pemerintah, mohon ditunggu hasil dari review tersebut. Pada waktunya akan diumumkan pemerintah," kata Askolani dalam vicon bersama wartawan Kemenkeu, Rabu (8/4/2020). 

virus corona, covid-19, presiden jokowi, menlu retno marsudi, menkeu sri mulyani,
Presiden Joko Widodo didampingi Menlu Retno Marsudi dan Menkeu Sri Mulyani mengikuti forum KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat.(ANTARA/Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Sebelumnya Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, alokasi anggaran untuk THR dan gaji ke-13 bagi pegawai negeri telah disiapkan dan tengah diusulkan kepada Presiden Joko Widodo.

Akan tetapi, gaji ke-13 hanya akan dibayarkan kepada aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri golongan I, II, dan III. Sementara untuk gaji dan THR bagi pejabat negara, DPR, pejabat eselon di lingkungan Kementerian dan Lembaga serta PNS golongan IV akan segera diputuskan.

"Untuk gaji ke-13 dan THR kami sudah mengusulkan kepada Presiden yang nanti akan diputuskan di sidang kabinet. Perhitungannya untuk ASN, TNI, dan Polri yang terutama kelompok pelaksana golongan I, II, dan III. THR dalam hal ini sudah disediakan," ujar Sri Mulyani. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Sigit Nugroho

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US