Dewas KPK Diharapkan Bisa Membuat Pemberantasan Korupsi Lebih Maju

- Sabtu, 21 Desember 2019 | 15:19 WIB
Antara/Rivan Awal Lingga
Antara/Rivan Awal Lingga

Pengamat hukum administrasi negara dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Dr. Johanes Tuba Helan, SH. MHum, mengharapkan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih bisa membuat pemberantasan korupsi di Indonesia jadi lebih maju.

"Apalagi, lima orang Dewan Pengawas KPK tersebut merupakan orang-orang pilihan dari sekitar 200 juta penduduk negeri ini," ujar Johanes Tuba.

Dengan dihadirkannya orang-orang pilihan tersebut, Johanes berharap agar kelima dewan pengawas tersebut bisa diandalkan oleh masyarakat.

"Mereka adalah orang-orang pilihan yang dapat diandalkan oleh rakyat. Kita tentu berharap kehadiran mereka membuat pemberantasan korupsi lebih maju lagi," ujar Johanes.

Johanes juga meminta agar masyarakat memberikan kesempatan untuk para dewan pengawas menunjukkan kinerjanya.

"Jangan terlebih dahulu berpikir negatif, tetapi berikan kesempatan kepada mereka untuk bekerja, karena mereka semua, baik itu Dewan Pengawas maupun pimpinan KPK adalah mereka yang dipilih melalui proses seleksi," lanjutnya.

Pada Jumat (20/12), Presiden Joko Widodo resmi melantik lima dewan pengawas KPK, diantaranya yaitu Tumpak Hatorangan Panggabean (mantan pimpinan KPK), Harjono (Ketua DKPP), Albertina Ho (hakim), Artidjo Alkostar (mantan hakim agung), dan Syamsudin Haris (peneliti LIPI).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X