Yuk Kenali Jenis-jenis Pencemaran Lingkungan Yang Berbahaya
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/
News

Yuk Kenali Jenis-jenis Pencemaran Lingkungan Yang Berbahaya

Putri
Jumat, 16 Agustus 2019 11:55 WIB 16 Agustus 2019, 11:55 WIB

Pencemaran lingkungan adalah masalah serius yang harus ditangani dengan segera, karena dampak yang ditimbulkan dari pencemaran lingkungan sangat berbahaya untuk keberlangsungan makhluk hidup di bumi.

Pencemaran sendiri dapat dikategorikan dalam tiga bagian dalam ruang lingkup yang luas, yaitu pencemaran yang terjadi di air, tanah atau udara. Dari ketiga bagian ini, pencemaran dapat dijabarkan menjadi beberapa kategori lagi diantaranya.

1. Pencemaran Udara

polusi
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Pencemaran udara atau yang lebih dikenal sebagai polusi udara disebabkan oleh adanya bahan kimia yang menyelimuti atmmosfir yang dapat membahayakan kesehatan makhluk hidup. Bukan hanya manusia, tapi juga hewan dan tumbuhan. Untuk mengatasi hal ini bisa dimulai dengan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan dan tidak melakukan pembakaran sampah di tempat terbuka.

2. Pencemaran di tanah

sampah
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Pencemaran ini disebabkan oleh bahan kimia buatan manusia yang terkubur di dalam tanah sehingga mengubah struktur tanah alami. Biasanya pencemaran ini terjadi karena bahan kimia industri, penggunaan pestisida atau zat-zat kimia yang mengenai tanah. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan membuang sampah sesuai dengan jenisnya baik itu organik maupun anorganik.

3. Asap rokok

rokok
Ilustrasi/Pixabay

Rokok dikenal sebagai penyebab seseorang bisa terkena kanker paru-paru. Tak hanya dapat membahayakan kesehatan diri sendiri, asap rokok juga akan membuat kualitas udara menjadi tidak sehat yang nantinya bisa membahayakan orang-orang. Agar terhindar dari kualitas udara yang buruk karena asap rokok, kamu bisa menjauh dari orang-orang yang merokok.

4. Pencemaran air

sampah
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Masih banyak masyarakat Indonesia yang terbiasa membuang sampah ke sungai. Padahal kegiatan membuang sampah ke sungai dapat menyebabkan air menjadi keruh dan kotor sehingga mengganggu keberlangsungan hidup hewan di air. Ada baiknya jika mulai dari sekarang setiap individu mengubah kebiasaan buruk membuang sampah ke sungai untuk menjaga kualitas air yang tetap bersih.

5. Pencemaran dari racun dan bahan peledak

ikan
ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

Menggunakan racun untuk menangkap ikan di sungai atau laut dapat membuat air menjadi terkontaminasi dan merusak ekosistem karena bahan kimia yang terkandung dalam racun dan bahan peledak. Untuk mengatasi hal ini bisa dimulai dengan membuat larangan untuk menggunakan racun dan bahan peledak saat menangkap ikan.

6. Asap kendaraan bermotor

polusi
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

Salah satu penyebab polusi udara adalah asap kendaraan bermotor. Asap kendaraaan bermotor mengandung hasil pembakaran yang tidak sempurna dari penggunaan bahan bakar yang tidak ramah lingkungan. Hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor.

    TAG
    Editor Media
    Editor Media

    Putri

    Editor